Erick Thohir Akui Banyak Ditanya soal Ekonomi oleh Jokowi

Erick Thohir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir dipanggil Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia telah menjalani wawancara sebagai calon menteri yang diuji langsung oleh Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Namun, Erick mengaku belum tahu posisi menteri mana yang akan ditempatinya untuk membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kata dia, Presiden Jokowi yang mengumumkan nama-nama menteri tersebut.

"Intinya interview masing-masing calon menteri cukup lama, karena memang beliau sangat detail me-breakdown rencana kerja beliau selama lima tahun ke depan," kata Erick usai bertemu Jokowi, seperti dikutip dari tvOne.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Tapi, Erick memberikan bocoran hal yang dibicarakan dengan Jokowi lebih banyak mengenai perekonomian. Kemungkinan, Erick akan menempati pos menteri di bidang ekonomi pada kabinet baru Jokowi.

Hanya saja, lagi-lagi Erick tidak mau berkomentar akan jadi menteri apa untuk membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf nanti. Sebab, beredar kabar bahwa Erick akan menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ganjar Kasih Bocoran Kapan Mahfud MD Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi

"Saya tidak tahu (jadi menteri apa). Saya rasa lebih banyak ekonomi," ujarnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa tahun 2045 mendatang, targetnya ingin menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Nah, dalam persaingan dagang seperti sekarang ini, negara tetangga sudah mulai merasakan, sehingga perlu diantisipasi, sehingga Erick mengaku siap membantu pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf untuk lima tahun ke depan.

"Pada hari ini interview luar biasa. Kalau memang dipercaya (jadi menteri), ya tentu bersedia," katanya.

Diketahui, sejumlah tokoh juga telah datang ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019, di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, CEO Gojek Indonesia Nadiem Makarim, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato, mantan CEO NET TV Wishnutama, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Sejumlah nama yang dipanggil Presiden Jokowi disebut akan mengisi posisi menteri di Kabinet Kerja jilid II. Namun, nama-nama menteri baru Jokowi itu akan diumumkan pada lusa atau Rabu, 23 Oktober 2019 seperti yang diungkapkan Mahfud MD usai bertemu dengan Jokowi.

"Pengumuman (menteri) lusa, Rabu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya