Korban Banjir di Cipondoh Belum Dapat Bantuan, Banyak Balita

Banjir masuk rumah warga di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Korban banjir Eko Prasetya, warga Cipondoh, Tangerang, Banten, mengeluh belum ada bantuan dari petugas sampai Kamis, 2 Januari 2020. Kawasan Perumahan Pulo Indah, Petir, Cipondoh direndam banjir sejak Rabu, 1 Januari 2020.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut dia, bantuan utama yang dibutuhkan warga adalah perahu karet. Karena, masih ada warga yang terjebak banjir belum dievakuasi terutama anak-anak. Kini, banjir pun cukup tinggi hingga dada orang dewasa.

“Kalau ada kenalan perahu karet, info dong. Kasihan tetangga-tetangga pada kejebak, mana banyak bocah. Padahal, tinggi banget rumahnya,” kata Eko saat dihubungi pada Kamis, 2 Januari 2020.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Eko mengaku sudah berusaha menghubungi tim aksi cepat Pemerintah Kota Tangerang maupun komunitas peduli lingkungan, tapi mereka kewalahan karena keterbatasan tenaga maupun perahu karet.

“Sudah kontak Mapala, ACT, BPBD sampai Tim Aksi Cepat Pemkot Tangerang. Mereka semua kewalahan enggak punya tenaga dan perahu karet yang cukup, dibandingkan permintaan,” ujarnya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Oleh karena itu, Eko berharap kepada seluruh pihak yang mempunyai perahu karet agar bisa dikirimkan ke lokasi banjir di kawasan Perumahan Pulo Indah, Petir, Cipondoh, Tangerang.

“Kalau ada yang punya perahu karet bisa dikerahin, karena pemerintah kewalahan kurang tenaga. Warga juga butuh bantuan makanan,” ujar Eko yang merupakan jurnalis di salah satu media nasional. 

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024