Dua Pasien Corona Indonesia Sembuh, Pasien 06 dan 14

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pemerintah menginformasikan kabar baik kalau dua pasien positif virus corona atau Covid-19 sudah dinyatakan sembuh. Pasien dengan nomor 06 dan 14 itu sudah diperbolehkan pulang hari ini, Rabu 11 Maret 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Pasien 06 dan pasien 14 ini sudah dua kali diperiksa negatif. Artinya kita sekarang sedang mengedukasi mereka untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self isolated," kata juru bicara khusus penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

Dijelaskan Yurianto, pasien 06 yang dinyatakan telah sembuh adalah ABK dari Diamond Princess. Pasien laki-laki ini sempat dibawa ke Pulau Sebaru Kepulauan Seribu, untuk observasi.  Dari pemeriksaan, sudah dua kali diperoleh hasil negatif. Kedua pasien tersebut sudah bisa pulang hari ini juga.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Sementara pasien nomor 14 yang juga telah sembuh adalah seorang laki-laki berusia 50 tahun. Saat masuk rumah sakit, pasien sakit ringan. Pasien ini tidak terkait dengan pasien lain atau imported kasus.

Pemerintah juga telah mengumumkan bahwa pasien nomor 25 yang baru saja dinyatakan positif corona Covid-19, dinyatakan meninggal dunia pada pukul 02.00 WIB, Rabu dini hari, 11 Maret 2020. 

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Pasien ini adalah warga asing berusia 53 tahun dan meninggal di rumah sakit RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"Pasien dengan identitas 25 telah meninggal dunia," ujar Yurianto. 

Menurut Yurianto, kondisi pasien memang sudah kurang baik saat masuk rumah sakit. Ini karena pasien memiliki penyakit bawaan yang membuat kondisinya terus menurun. Penyakit itu adalah diabetes, hipertensi, hingga penyakit paru yang memang sudah lama diderita oleh pasien tersebut. 

Pasien 25 yang meninggal ini bukan warga Indonesia. Pasien ini berusia 53 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Pemerintah memastikan, dalam waktu segera, jenazahnya akan dipulangkan. 

"Pasien ini memang masuk di RS sudah dalam keadaan sakit berat karena ada faktor penyakit yang mendahului," katanya.

Saat ini, sedang dalam proses pengiriman jenazah ke negara asalnya. Pemerintah memastikan sudah menginformasikan berita ini kepada kedutaan WNA tersebut.  

"Selama proses didampingi suaminya," katanya.

Sebelumnya Achmad Yurianto mengatakan, kasus virus corona di Indonesia pada Selasa, 10 Maret 2020, bertambah 8 pasien baru. Sehingga, total kasus virus corona di Indonesia hingga Selasa sore 10 Maret 2020 menjadi 27. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya