DPD Dukung Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Eks Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau Oso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Oesman Sapta Odang, menyampaikan pidatonya dalam sidang tahunan bersama di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019. Dalam pidato tersebut, Oesman mengatakan DPD mendukung wacana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara.

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

"Kami mendukung rencana pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan," kata OSO dalam pidatonya.

Menurut OSO, sebagai representasi daerah, DPD akan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. DPD juga akan memperjuangkan aspirasi dari daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

"Dengan fungsi pengawasan yang ada, kami akan melakukan pemantauan dan evaluasi atas raperda dan perda sebagaimana amanat Undang Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD," ujarnya.

DPD, kata OSO, merasa perlu melakukan hal ini guna memastikan bahwa seluruh daerah yang ada agar tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesi Conference Hannover Messe 2023: Berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Selain mendukung pemindahan ibu kota, OSO juga mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi selama ini. Terwujudnya BBM satu harga, pembangunan infrastruktur, hingga keberhasilannya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen per tahun merupakan prestasi yang patut diapresiasi.

"Dengan prinsip desa maju, wong cilik gumuyu, kami juga mengapresiasi atas telah tersalurkannya anggaran dana desa hingga mencapai Rp257 triliun. Dan dengan keyakinan bahwa Indonesia akan maju jika daerah-daerahnya maju, maka kami mendorong agar dalam 5 tahun ke depan, alokasi dana desa tersebut dapat terus ditingkatkan," ujarnya.

Pemakaman Ibunda Maxime Bouttier

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Maxime Bouttier merasa berterima kasih dan bersyukur karena Luna Maya menawarkan rumahnya untuk jadi tempat sang ibunda. 

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024