Bertepatan HUT RI ke-74, Banten Diguncang Gempa 4,2 SR

Gempa di Lebak, Banten. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa berkekuatan 4,2 pada Skala Richter mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu 17 Agustus 2019. Gempa ini terjadi tepat pada HUT RI ke-74 yang tengah dirayakan di seluruh Tanair Air.

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Banten

Guncangan gempa terasa Kabupaten Lebak sekitar pukul 12.18 WIB. Titik pusat gempa berkoordinat lokasi 7.36 LS-106.12 BT.

"Tepatnya berada di laut, pada jarak 49 km darat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 22 kilometer," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugrogo, dalam keterangannya.

Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Menurutnya, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal. Gempa diakibatkan aktivitas intraplate lempeng Eurasia.

Dampak gempa ikut dirasakan di wilayah Bayah, Cikotok, Sawarna dan Panggarangan, dengan Skala Intensitas III MMI, di Cimandiri dengan Skala Intensitas II MMI.  

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten

"Hingga pukul 12.50 wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock," ujarnya. (ren)

>
Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin pagi

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024