Belajar Kesetaraan, Tokoh Agama Myanmar Temui JK

Tokoh Agama Myanmar Bertemu Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Farjri

VIVA – Tokoh-tokoh lintas agama Myanmar menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 9 September 2019. Pertemuan juga didampingi Ketua Dewan Kehormatan Inter Religius Council (IRC) Indonesia, Din Syamsuddin.

10 Kota Intoleran di Indonesia, Kota Terkenal Ini Masuk ke Daftar

"Hari ini delegasi dari para tokoh lintas agama Myanmar hadir di Indonesia untuk sebuah trip ya, dalam rangka untuk memahami pengalaman Indonesia untuk membangun kerukunan antarumat beragama," kata Din usai pertemuan.

Rombongan dari Myanmar ini terdiri dari 15 orang dari berbagai agama. Delegasi ini dipimpin oleh seorang tokoh Katolik asal kota Yangon Myanmar, Kardinal Charles Bo. "Kami melihat banyak pengalaman bagaimana di negara mayoritas Muslim ini menjaga kesetaraan tanpa diskriminasi untuk semua agama," ucap Kardinal Charles.

Prabowo Hadiri Natal Nasional di Surabaya Bareng Jokowi, Masyarakat Antusias Minta Selfie

Tokoh agama Myanmar juga melihat Indonesia sebagai contoh yang baik karena punya banyak kesamaan dengan Myanmar. Hal itu diucapkan oleh tokoh Muslim Myanmar, Al-Haj U Aye Lwin. "Kami anggap Indonesia sebagai role model, karena kita punya kesamaan. Karena keindahan Indonesia dan Myanmar adalah kesatuan dalam perbedaan," kata Al-Haj.

Al-Haj mengakui masih adanya radikalisme baik di Myanmar maupun di Indonesia. Namun, dia menganggap paham radikalisme selama ini hanya membajak agama. "Karena radikalisme, ekstrimisme, elemen radikal selalu membajak agama. Ini terjadi di Indonesia dan Myanmar. Sehingga kita harus membagikan pengalaman masing-masing negara," ungkap dia.

Emak-emak Berkerudung Masuk ke Gereja, Hal Baik Ini yang Dilakukan

Tokoh agama di Myanmar menurutnya saat ini masih berjuang mengatasi persoalan perbedaan keyakinan di sana. Mereka mengaku optimistis bisa mengatasi tantangan itu.

Mikha Tambayong dan Suami

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra untuk kedua kalinya merayakan Lebaran bersama sebagai suami istri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024