Khofifah Tantang Pengusaha Wanita Kuatkan Kantor di Papua

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di area car free day di Surabaya pada Minggu pagi, 7 Juli 2019.
Sumber :
  • IST

VIVAnews - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menantang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) untuk menguatkan kantor perwakilan dagang mereka di Papua, khususnya Kota Jayapura. Khofifah juga ingin mereka menguatkan kantor dagang di Manokwari karena sekarang adanya hanya di Sorong.

Kader PPP Dukung Khofifah Maju Pilkada Jatim, Mardiono Bilang Begini

Khofifah menuturkan bahwa saat ini Iwapi sedang mengirim tim untuk melakukan penajaman rencana perluasan kantor perwakilan dagang di Kalimantan Timur. Seiring dengan rencana pindah ibu kota di Penajam Paser Utara dan Kutaikertanegara, Pemprov Jawa Timur tengah menyiapkan adanya kantor dagang baru di kawasan tersebut.

Sekarang ini, kantor dagang Pemprov Jawa Timur sudah ada di Balikpapan. Dengan adanya rencana pindah ibu kota, maka Khofifah menegaskan bahwa Pemprov akan membuat kantor dagang di sana.

Perempuan Papua Makin Maju di Era Otsus

"Kalau sekarang ada di Balikpapan, kita sedang penjajakan dirikan kantor dagang baru di Penajam Paser Utara, atau di Samarinda atau di Kutai Kertanegara," kata Khofifah melalui keterangan resminya, Rabu, 11 September 2019.

Menurutnya, dengan adanya Iwapi yang tersebar di seluruh Indonesia, maka para pengusaha wanita bisa menjadi sektor strategis yang mendorong majunya perdagangan dan kerjasama Jawa Timur dengan masing-masing provinsi.

Jenderal Imam Sugianto Kumpulkan Pengusaha Bus

"Saya berharap sangat kantor perwakilan dagang kita di 25 provinsi, Iwapi jadi penguatan perdagangan Provinsi Jawa Timur dengan provinsi lain di Indonesia," kata Khofifah.

Sementara itu Ketua DPP Iwapi Nita Yudi mengatakan saat ini Iwapi ada di 33 provinsi. Setahun sekali rutin mengadakan rakernas dan keliling se Indonesia secara bergantian.

Sekedar diketahui, Iwapi menggelar rakernas ke XXIX bertema Jawa Timur-Papua. Seluruh peserta Iwapi mengenakan baju nuansa adat Papua. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya