Video Salim Said Cerita Soeharto Putuskan Hubungan dengan Habibie

Guru Besar Universitas Pertahanan, Salim Said
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat, Jakarta, Rabu petang, 11 September 2019. Habibie wafat di usia 83 tahun.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Jurnalis senior yang juga pemerhati politik nasional, Salim Said, mengaku cukup mengenal profil Habibie, terutama karena jasa ayah dua anak inilah dia dapat studi hingga meraih gelar doktor di Amerika Serikat. Habibie, katanya, memang seorang teknokrat tulen namun cukup menguasai dunia politik hingga kemudian Soeharto mengangkatnya sebagai wakil presiden lalu menjadi presiden menggantikan Soeharto pada 1998.

Menurut Salim, Habibie tak pernah secara khusus belajar ilmu politik atau menjadi praktisi politik. Habibie memahami dunia politik melalui proses belajar seiring aktivitasnya di dunia politik, terutama ketika dia kali pertama menjadi menteri di pemerintahan presiden Soeharto.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

"Ketika beliau kali pertama menjadi menteri, beliau tidak banyak tahu mengenai politik. Karena terus-menerus berada di pemerintahan, beliau belajar banyak. Dia kan pernah mengatakan [bahwa] Soeharto itu profesor dia. Jadi, bisa dikatakan, beliau belajar dengan mengamati Pak Harto," katanya.

Salim akhirnya bercerita banyak hal tentang hubungan Habibie dengan Soeharto, di antaranya perihal Soeharto memutuskan hubungan dengan Habibie. Simak uraian lengkapnya dalam video berikut ini:

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia
>
Presiden Soeharto

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Saat Soeharto menjabat presiden, empat jenderal ini menjadi orang yang menakutkan baginya. Sebab, keempat jenderal ini berani untuk menentang segala kebijakan orde baru.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024