Mereka yang Plesiran Keluar Penjara

ilustrasi penjara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sejumlah pasal dalam revisi Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menuai kontroversi di masyarakat. Dalam revisi UU tersebut mengatur beberapa hak tahanan dan napi seperti, remisi, asimilasi, cuti bersyarat, hingga rekreasi.

Rafael Alun Akui Pakai Nama Istri di Perusahaannya, Singgung Perkara Gayus Tambunan

Akhir pekan lalu, anggota Panja RUU Pemasyarakatan, Muslim Ayub mengatakan dalam RUU tersebut juga mengatur mengenai cuti bersyarat Napi dan tahanan. Pada cuti bersyarat itu Napi dan tahanan bisa menggunakan hak cuti bersama untuk kembali ke rumah bahkan pergi ke mal.

Sebelum pro kontra revisi UU Pemasyarakatan ini mencuat, sejumlah narapidana pernah kepergok jalan-jalan di luar penjara. Berita tentang plesiran para narapidana itu sempat ramai di media massa.

Ferdy Sambo Diviralkan Tengah Santai di Luar Tahanan, Trisha Eungelica Sewot

Berikut ini penelusuran VIVAnews, Senin, 23 September 2019, atas beberapa napi kelas kakap yang pernah kepergok plesiran di luar tahanan:

Setya Novanto

Di Depan Menkeu, Elite PDIP Sindir soal Erosi Kepercayaan dan Kasus Gayus Tambunan

Mentan ketua DPR ini kepergok sedang berada di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dengan menyalahgunakan izin berobat di Rumah Sakit Santosa Bandung, Jumat, 14 Juni 2019. Usai kejadian ini, Novanto dipindah dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur, Bogor.

Gayus Tambunan

Terpidana kasus mafia pajak ini pernah tertangkap bidikan kamera wartawan Kompas, saat nonton pertandingan tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali, pada 5 November 2010.

Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Gayus Halomoan Partahanan Tambunan juga pernah kedapatan plesiran ke beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia, Makau. Gayus pergi ke Makau tanggal 22-24 September 2010. Kemudian ke Malaysia dan Singapura pada 30 September hingga 2 Oktober 2010. Dia menggunakan paspor atas nama Sony Laksono.

Kemudian pada Mei 2015, beredar foto Gayus tengah makan di sebuah restoran Manado, di Jakarta. Setelah kejadian itu, Gayus dipindah dari Lapas Sukamiskin Klas IA, Bandung ke Lapas Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat.

Anggoro Widjojo

Terpidana kasus korupsi ini berada di apartemen Gateway, Bandung, pada Desember 2016. Dia keluar dengan alasan izin berobat tapi tidak langsung kembali ke lapas Sukamiskin melainkan ke apartemen.

Rahmat Yasin

Mantan Wali Kota Bogor ini pernah kedapatan keluar lapas Sukamiskin, Bandung lalu mampir ke daerah Antapani, pada Desember 2016.

Romi Herton

Mantan Wali Kota Palembang Romi Herton dikabarkan keluar dari lapas Sukamiskin, Bandung lalu pulang kampung, pada November 2016.

Mochtar Mohamad

Mantan Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad, kedapatan keluar dari Lapas Sukamiskin dan makan malam bersama dengan koleganya di salah satu restoran di Jakarta Selatan, Oktober 2014.

Muhammad Nazaruddin

Nazaruddin, dilaporkan mantan anak buahnya, Yulianis, sering keluar lapas Sukamiskin untuk memimpin rapat pada Juli 2015. Namun Kalapas Sukamiskin saat itu, Edi Kurniadi, membantah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya