Relawan Ungkap Jokowi Legowo Terbitkan Perppu KPK dalam Waktu Dekat

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah relawan pendukungnya di Istana pada Jumat 27 September 2019 kemarin. Padahal Jokowi sebelumnya dijadwalkan bertemu dengan perwakilan mahasiswa namun batal.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Koordinator relawan Poros Benhil yang ikut pertemuan itu, Aznil Tan, menuturkan kronologi terjadinya pertemuan itu. Pertemuan juga didampingi oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko.

"Jumat, 27 September 2019, pukul 15.00 WIB, kami berjumlah 30 orang diterima oleh Presiden Jokowi didampingi Kepala Staf Presiden Moeldoko dalam ruang Istana," kata Aznil ketika dikonfirmasi, Sabtu 28 September 2019.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Jokowi kemudian menyambut kedatangan mereka dan mempersilakan duduk, serta meminta mereka memperkenalkan diri masing-masing. Jokowi dengan santai kemudian menguraikan berbagai persoalan seperti kebakaran hutan dan lahan, Papua dan juga aksi demonstrasi mahasiswa.

"Jokowi menguraikan tentang gejolak di Papua dan permasalahan sebenarnya terjadi dengan apa adanya. Jokowi lalu menyikapi tentang aksi demonstrasi mahasiswa yang masif terjadi di berbagai daerah," ujar Aznil.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Menurut Aznil, dalam pertemuan itu Jokowi menghargai dan mengapresiasi gerakan mahasiswa. Jokowi juga katanya masih membuka ruang dialog untuk mendapat masukan-masukan dari tokoh-tokoh nasional.

"Presiden Jokowi malah berterima kasih atas kritik tajam mahasiswa sehingga beliau mengetahui kehendak rakyatnya, meski beliau secara subjektif atau pribadi menilai UU KPK setuju direvisi," ujarnya.

Dia mengungkapkan Jokowi masih konsisten mempertahankan Komisi Pemberantasan Korupsi dan memperkuatnya. Aznil menyampaikan, Jokowi dengan legowo akan menerbitkan Perppu KPK.

"Ini adalah kabar gembira yang harus saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa. Jika tidak ada halangan, kami yakin dalam waktu dekat, Presiden Jokowi akan segera terbitkan Perppu KPK," kata Aznil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya