130 Warga Jatim Kembali Pulang dari Wamena Diangkut Hercules

Warga Jatim eksodus dari Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

VIVA – Gelombang kepulangan warga Jawa Timur dari Wamena, Papua terus berdatangan. Direncanakan, 130 warga Jatim bakal mendarat di Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh, Malang, pada Kamis, 3 Oktober 2019. Mereka diangkut dengan pesawat milik TNI Angkatan Udara, C-130 Hercules.

Tim Gabungan TNI dan Polri Lakukan Penyisiran OPM di Intan Jaya Papua

"Akan datang sekitar 130 orang. Kami menyampaikan terima kasih kepada TNI AU yang telah membantu memudahkan kepulangan warga Jatim yang sedang merantau di Wamena," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim menjamin semua perantau yang datang masuk dalam pendataan. Sebab hal ini penting, terkait kepentingan jika nanti ada data yang dibutuhkan pemerintah pusat, maka data-data para perantau sudah siap diserahkan.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

"Jika suatu saat ada konsesi dari pemerintah pusat, misalnya toko atau rumah yang terbakar, sehingga mereka bisa bekerja kembali ke sana, kita sudah siapkan datanya. Inilah pentingnya mereka diidentifikasi untuk mengetahui data dan jumlah perantaunya. Sebab mereka banyak yang tidak sempat membawa KTP," ujar Khofifah.

Saat ini, sudah ada tiga kloter warga perantau Jawa Timur di Wamena yang kembali pulang. Rombongan pertama datang melalui Semarang sejumlah 43 orang. Kemudian Rabu kemarin melalui Malang sebanyak 121 orang dan melalui Bandara Juanda sebanyak 41 orang.

Relawan Prabowo G-Nesia Banjir Dukungan Usai Pilpres, Diah Warih: Alhamdulillah

Sebelum dipulangkan ke kabupaten dan kota masing-masing di Jawa Timur, para perantau tersebut mendapatkan bantuan dari Pemprov Jawa Timur berupa uang saku, sembako, dan juga pakaian siap pakai.

Dia mengatakan, bagi warga asal Jatim yang saat ini masih di Bumi Cendrawasih, bila dalam kondisi aman dan memiliki bisnis dengan pendapatan yang bagus sebaiknya tetap melanjutkan kehidupan di Papua. Evakuasi sebaiknya hanya untuk warga yang membutuhkan perlindungan saja.

"Yang tinggal di Jayapura, di sana mereka sebetulnya sudah memiliki lahan pekerjaan yang cukup bagus, bisa mendapatkan sumber income yang bagus tetap saja di Jayapura. Ini kan sebetulnya ada suasana dari Wamena mereka membutuhkan evakuasi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya