Saling Pakai Batik, Jokowi Terima PM Mark Rutte di Istana Bogor

Presiden Jokowi terima PM Mark Rutte di Istana Bogor.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Jokowi menerima PM Belanda itu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ibu Terpidana Mati Kasus Narkoba Mary Jane Mohon Jokowi Bebaskan Putrinya

Kali ini, Presiden Jokowi tidak menggunakan pakaian jas berdasi seperti ketika menerima kunjungan kenegaraan lainnya. Tetapi, kali ini menggunakan batik. Bahkan, Rutte juga terlihat mengenakan batik bermotif warna coklat. 

Rutte tiba di Istana Bogor pada Senin 7 Oktober 2019. Memasuki area Istana, kendaraan Rutte dikawal pasukan berkuda dan drumband yang personilnya dari Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. 

Jokowi Bertolak ke Riyadh Hadiri KTT OKI Bahas Situasi Gaza, Lanjut ke AS Temui Joe Biden

Tiba di halaman Istana Bogor, Rutte turun di depan gedung utama. Ia langsung disambut Presiden Joko Widodo. 

Di situ juga, puluhan anak-anak Sekolah Dasar yang menggunakan baju adat Indonesia, ikut memeriahkan penyambutan Rutte. Mereka mengibar-ngibarkan bendera kedua negara.

Tak Cuma Baliho Ganjar-Mahfud, Satpol PP Bali Copot Semua Atribut di Lokasi Kunjungan Jokowi

Dalam setiap kunjungan kenegaraan, keterlibatan anak-anak dalam menyambut tamu kenegaraan, selalu ada porsinya. Rutte nampak senang dengan model penyambutan seperti ini.

Rutte tampak senang melihat aksi anak-anak yang mengucapkan "welcome to Indonesia" itu. Ia kemudian memasuki Istana Merdeka, untuk menulis di buku tamu dan berbincang sejenak dengan Jokowi di beranda belakang. 

Prosesi selanjutnya, Rutte dan Jokowi melakukan penanaman pohon yakni jenis pohon damar. 

Presiden Jokowi tampak didampingi Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi Muljono, Kepala BNPT Suhardi Alius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya