BIN Klaim Sudah Pantau Abu Rara, Tapi Belum Bisa Menangkap

Pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto, Syahril Alamsyah alias Abu Bara.
Sumber :
  • istimewa

VIVAnews - Syahrial Alamsyah alias Abu Rara jadi pelaku penusukan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto. Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto mengklaim, lembaganya sudah memantau pergerakan Abu Rara selama tiga bulan terakhir.

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

"Selama ini kita melakukan kerja sama dengan kementerian lembaga terkait, tapi dalam pergerakannya belum ditemukan yang bisa membuat dia ditangkap," kata Wawan di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), tvOne, Selasa, 15 Oktober 2019.

Wawan menuturkan, selama ini Abu Rara terpapar keyakinan, tingkah laku, dan opini radikal. Dia mengatakan yang bersangkutan merupakan kelompok dari Abu Zee.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

"Ketika dia tahu Abu Zee tertangkap dia mulai gundah. Hanya memang untuk menangkapnya belum cukup bukti mengarah bisa ke situ," katanya.

Wawan mengatakan, untuk kejadian penusukan di Menes, Abu Rara merangsek masuk. Ketika dia melihat heli, dia bicara dengan istrinya, Fitri Andriana, bahwa ada pejabat.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

"Dia mendekati itu, dan sempat dihalau kapolsek. Memang maaf, dalam Islam ini biasa bercadar. Kalau kita kasar ada isu yang berbeda," kata dia.

Dia mengakui apa yang dilakukan oleh Abu Rara itu ada unsur spekulasi. Begitu dia melihat heli, dia meminta sang istri menusuk polisi, sedangkan dia sendiri menyerang Wiranto, yang dia anggap sebagai pejabat. [mus]

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih

Ombudsman Usul Seleksi CASN Tahun 2024 Ditunda agar Tak Dijadikan Komoditas Politik Pilkada

Ketua Ombudsman RI menyarankan seleksi CASN pada tahun 2024 ditunda hingga pemilihan kepada daerah serentak selesai diselenggarakan pada 27 November.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024