Temui Jokowi, Ketua DPR: Ada Empat Kementerian Berubah Nomenklatur 

Ketua DPR Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis Khalis

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani, menyampaikan hasil pertemuan pimpinan DPR RI dengan Presiden Jokowi, di antaranya soal perubahan empat nomenklatur kementerian dan lembaga.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Beliau menyampaikan bahwa akan ada perubahan empat nomenklatur dari kementerian/lembaga," kata Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Meski begitu, ia menjelaskan perubahan tersebut tak krusial atau tak akan ada perpindahan besar dan sistematis. Sebab hanya menggabungkan beberapa kementerian menjadi satu.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

"Jadi prinsipnya DPR kemudian menyetujui, dan karena memang AKD di DPR itu sudah diputuskan. Artinya tak ada masalah," kata Puan.

Ia menambahkan, pada waktunya Presiden Jokowi akan berkirim surat dan menyampaikan kementerian yang digabung. Nantinya tentu akan bersinergi dengan komisi-komisi yang mana saja.

Ganjar Kasih Bocoran Kapan Mahfud MD Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi

"Contohnya misalnya Kemendikbud, itu Diktinya akan bersama dengan Dikti karena Kemenristek itu nantinya akan menjadi badan. Kemudian Kemenko Maritim nantinya itu akan bertambah menjadi Kemenko Maritim plus investasi. Dan yang satunya itu Bekraf itu akan bergabung dengan (Kementerian) Pariwisata," kata Puan.

Ia memastikan tak akan ada reorganisasi besar-besaran. Ia berharap setelah menteri dilantik, DPR dan pemerintah bisa langsung bekerja.

"Jadi harapannya adalah kerja sama antara DPR dengan pemerintah itu setelah nanti diumumkan dan dilantik menteri-menterinya bisa langsung bekerja sama," kata Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya