Pipa BBM Pertamina di Cimahi Meledak Diduga Akibat Benturan Paku Bumi

Kebakaran pipa minyak PT Pertamina di Melong Cimahi Jawa Barat, (22/10/2019)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Kobocoran pipa BBM milik Pertamina terjadi di Jalan Mancong RT 01/02 Kelurahan Melong Kecamatan Selatan Kota Cimahi Jawa Barat. Dari informasi yang dihimpun di lapangan, diduga kebocoran terjadi di kawasan pengerjaan Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) dengan titik pemasangan paku bumi.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menduga ledakan terjadi akibat benturan keras saat pengerjaan kereta cepat. "Ini sedang melaksanakan (proyek) kereta cepat, diduga ada petugas yang sedang menancapkan benda keras terkena pipa gas Pertamina," ujar Rudy, Selasa 22 Oktober 2019.

Akibat kejadian tersebut, dua orang meninggal dunia di lokasi kejadian. "Juga kemungkinan korban operator alat berat tersebut, kita akan teliti setelah api padam," ujarnya.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

"Kejadiannya 14:00 WIB sekarang sedang ditangani menunggu dari Pertamina yang khusus memadamkan api yang berasal dari pipa Pertamina," tambahnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menjelaskan, kebakaran terjadi tepat berada pada wilayah jalur distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) Terminal Ujung Berung.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

"Kejadian tersebut terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang - Buah Batu KM 130," ujar Sri.

Untuk meminimalisir potensi membahayakan, untuk sementara Pertamina memberhentikan distribusi BBM tersebut hingga penanganan kebakaran tuntas. "Pertamina saat ini fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat," katanya. [mus]

Umbrella Girl di MotoGP Mandalika 2023

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Gelaran balap MotoGP akan kembali dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024