Jadi Calon Kapolri, Idham Azis: Saya Siap Jalankan Amanah

Kabareskrim Polri yang juga eks Kapolda Metro, Komjen Pol Idham Aziz (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis diajukan untuk menjadi calon Kapolri pengganti Tito Karnavian. Idham pun mengaku siap menjalankan amanah jika dipercaya.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Dia meminta doa restu untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon kapolri di DPR.

"Ya, saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakaltu. Saya mohon doa restu, karena mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test," kata Idham di Kemendagri, Rabu 23 Oktober 2019.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Idham menegaskan siap memimpin korps Bhayangkara. "Saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan," jelas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Presiden Jokowi telah mengirim surat dan telah diterima DPR.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

"Ya benar, Pak Idham Azis," kata Dasco saat dihubungi, Rabu, 23 Oktober 2019.

Ia menjelaskan nantinya calon Kapolri akan diuji kelayakan dan kepatutan di komisi III DPR. Setelah disepakati baru bisa didapuk sebagai Kapolri.

"Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit dan proper test. Kan komisi III-nya belum dilantik," kata Dasco.

Adapun Presiden Jokowi usai pengumuman susunan kabinet pemerintahannya menyebut nama Idham Azis sebagai calon tunggal pengganti Tito Karnavian untuk menjadi Kapolri. Tito sudah resmi menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya