Peminat CPNS Diimbau Hati-hati, Jangan Sampai Tertipu

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Pemerintah pusat telah mengumumkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di masing-masing daerah.

Berkas Lengkap, Olivia Nathania Putri Nia Daniaty Segera Disidang

Untuk Provinsi Riau terdapat 279 formasi. Dalam hal ini Gubernur Riau Syamsuar memberikan pesan penting kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam keikutsertaan sebagai CPNS. Sebab Syamsuar tidak ingin ada warga yang menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Jangan mudah percaya dengan orang yang mengaku bisa atau mengimingi sesuatu demi meloloskan peserta CPNS. Jika ada oknum yang demikian silakan lapor polisi," kata Syamsuar kepada wartawan, Rabu kemarin.

Hasil Psikotes Seleksi CPNS Nol, Kejagung Beri Tanggapan

Syamsuar menjelaskan, sistem CPNS saat ini telah dilakukan secara online. Masyarakat yang memiliki minat sebagai abdi negara harus lebih bijak dan cerdas dalam mengikuti segala tahapan dan prosedur yang telah ditentukan. Hindari berbagai macam hal yang dapat merugikan. Sebab tidak satu orang pun yang bisa membantu meloloskan peserta CPNS.

"Lebih penting adalah berusaha, berdoa agar segala upaya yang dilakukan membuahkan hasil sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai," tutup Syamsuar.

Jenguk Olivia Nathania, Farhat Abbas Sampaikan Maaf dari Nia Daniaty

Tahun 2019 ini, pemerintah membuka lowongan 152.286 kursi CPNS pada 11 November.  Rinciannya, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi padda penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya