Tiga Daerah dengan Karhutla Sudah Padam, Mana yang Masih Membara

Pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau.
Sumber :
  • Bambang Irawan

VIVA – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan bahwa ada beberapa daerah di Tanah Air yang sudah padam kebakaran hutan dan lahannya.

Tranportation Ministry Cuts Down International Airport

"Daerahnya yang sudah selesai adalah Riau kemudian Kalimantan Tengah selesai, Kalimantan Selatan selesai. Yang lainnya yang masih adalah di Kalimantan Barat sampai tanggal 31 Desember 2019. Kemudian Jambi dan Sumatera Selatan sampai 10 November 2019," kata Agus di kantornya, Jakarta Timur, 31 Oktober 2019.

Untuk daerah yang masih terjadi kebakaran lahan dan hutan itu, pihak BNPB bersama pihak terkait melakukan pemadaman darat, pemadaman udara antara lain di Sumatera Selatan.

Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Ia menambahkan, di wilayah Riau sebelah utara  sudah mulai memasuki musim hujan sehingga hot spot jauh berkurang. Mereka memutuskan ini diperkirakan akan berjalan terus sampai beberapa bulan ke depan atau Desember 2019.

Kemudian di Jawa masih ada gunung yang terbakar yakni di Jawa Tengah, Jawa Timur juga di Nusa Tenggara Barat juga ada kebakaran yang masih berusaha dipadamkan.  

Kinerja Irjen Iqbal dan Anak Buah Buat Aman Riau Dapat Apresiasi MUI

Memasuki bulan November 2019, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. BMKG menginformasikan bahwa perlu kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode transisi musim atau pada November hingga Desember 2019.

Menurut dia, potensi gelombang tinggi selama November perlu diwaspadai di perairan barat Sumatera hingga selatan Bali dan Nusa Tenggara Barat.

"Di samping potensi bahaya karena iklim dan cuaca, warga diimbau selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya gempa bumi," katanya.

Selain itu, bahaya tidak selalu dapat diperkirakan sehingga masyarakat harus selalu waspada dan siaga. Dampak pada korban dan kerusakan biasanya diakibatkan bukan hanya karena gempa tapi juga akibat kerusakan bangunannya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya