Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Skouw Perbatasan RI-Papua Nugini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengunjungi Papua. Dalam kunjungan kerjanya, kedua pimpinan TNI dan Polri mengawali kegiatan dengan menghadiri kegiatan bakti sosial di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura. Keduanya disambut hangat oleh warga yang hadir.

Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Panglima TNI dan kapolri tiba di PLBN Skouw, Jayapura, Rabu 27 November 2019, sekitar pukul 14.30 WIT. Mereka menaiki helikopter caracal TNI dari Lanud Silas Papare Sentani Jayapura menuju Skouw, yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Panglima TNI mengatakan, kehadirannya di Skouw perbatasan RI-PNG merupakan suatu kebahagiaan bagi TNI-Polri bisa langsung melihat kemajuan perbatasan.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Skouw sebagai garda terdepan Indonesia paling timur yang menjadi kebanggaan kita semua. Kita juga TNI-Polri merasa bangga bisa bertatap muka dengan seluruh masyarakat di wilayah Skow,” kata Hadi Tjahjanto.

Panglima menjelaskan, kunjungannya ke perbatasan RI-PNG juga dalam rangka melaksanakan bakti sosial TNI-Polri. Bakti sosial TNI-Polri yang dihadiri warga ini bertujuan untuk mendekatkan antara aparat dan masyarakat.  

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Termasuk juga ingin memberikan satu perhatian kepada seluruh masyarakat yang ada di Skouw dengan harapan, nantinya kalau ada permasalahan di tengah masyarakat, bisa menyampaikan langsung karena sudah dekat dengan aparat TNI-Polri khususnya yang ada di perbatasan.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal menuturkan, selain meninjau petugas Pos Lintas Batas Negara, panglima TNI dan kapolri langsung menuju tenda acara Bakti Sosial dan Kesehatan yang diselenggarakan oleh TNI-Polri. 

"Panglima TNI dalam arahannya menyampaikan bahwa bakti sosial dan kesehatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan bantuan kesehatan sehingga diharapkan mampu mewujudkan SDM yang sehat dan maju," kata Iqbal kepada VIVAnews, Rabu, 27 November 2019.

Diharapkan dengan adanya kegiatan bakti sosial dan kesehatan ini, kata Iqbal, stabilitas keamanan dapat terjaga dengan baik dan kondusif.

Acara bakti sosial itu antara lain donor darah dari TNI-Polri, pemeriksaan kesehatan melalui cek darah, hingga pengobatan massal ke masyarakat Papua.

Selain itu, kapolri dan panglima memberikan sembako kepada prajurit dan warga Papua di Skouw sebanyak 1.000 paket sembako.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya