Bappenas Jadi Contoh Pertama Gunakan Robot Gantikan Eselon III dan IV

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas akan mulai melakukan uji coba penggunaan robot atau kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menggantikan jabatan eselon III dan IV.

Pangeran MBS Bertemu Presiden Palestina, Ini yang Jadi Pembahasan

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, kementeriannya akan dijadikan percontohan pertama dalam penerapan sistem tersebut. Kementerian dan lembaga lainnya akan mulai mengikuti setelahnya.

"Ya kita sudah mempersiapkan, Bappenas jadi contoh pertama nanti. Kita lagi uji coba dulu tahun depan," kata dia saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jumat, 29 November 2019.

Ribuan Warga Israel Unjuk Rasa di Ibu Kota, Minta Netanyahu Bebaskan Sandera

Dengan penggunaan sistem tersebut, diharapkan pemangkasan birokrasi akan tercipta, sehingga pelaksanaan aturan juga akan dipangkas, serta bisa mempercepat kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan.

Presiden Joko Widodo, sebelumnya juga menegaskan bahwa dirinya sudah memerintahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, untuk mengganti kinerja eselon III dan IV dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Kunjungi Indonesia, Ini Kegiatannya

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence birokrasi kita akan lebih cepat," kata Jokowi.

Akan tetapi, Jokowi menegaskan bahwa ini semua tergantung pada omnibus law yang sedang disusun oleh Pemerintah. Melalui omnibus law ini Pemerintah akan merevisi sebanyak 74 Undang-Undang termasuk terkait pemangkasan aparatur sipil negara.

Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto kunker ke Inggris,

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

Di depan Airlangga, Menteri Inggris Greg Hands punya kesan mendalam terhadap pesta demokrasi pemilu di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024