Jokowi Ingin Kampus UIII Jadi Laboratorium Peradaban Islam

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) ditargetkan rampung Desember 2020.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Dalam akun instagram Presiden Joko Widodo @jokowi dikutip Senin 2 Desember 2019, bahwa kampus yang didirikan di lahan komplek RRI Cimanggis Depok itu, menelan biaya Hingga Rp 1,2 triliun. 

Untuk membangun kampus tersebut, dua kementerian diberi tugas. Yakni Kementerian Agama membangun rektorat, gedung fakultas, dan plaza. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Sementara Kementerian PUPR membangun rumah dosen, masjid kampus seluas 5.200 m2, perpustakaan delapan lantai seluas 16.556 m2, serta asrama mahasiswa delapan lantai seluas 12.815 m2 dan lain-lain," jelas Presiden Jokowi. 

Untuk pembangunan infrastruktur kawasan dan pagar yang mengelilinginya, dikerjakan BUMN Brantas Abipraya. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Kata Jokowi, bangunan UIII memanfaatkan 20-30 persen dari total luas kompleks. "Sisanya akan menjadi ruang hijau berupa taman," katanya. 

Pembangunan UIII ini juga, diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengkajian tentang Islam. Mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar.

"Saya berharap UIII kelak menjadi kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya