Jokowi Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera HUT RI 17 Agustus

Presiden Jokowi Bersama Paskibraka 2021 di Halaman Istana Merdeka Jakarta
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka pada HUT RI tahun 2021. Yang berbeda,  kali pengukuhan digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 12 Agustus 2021. 

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden Jokowi kemudian memimpin mengheningkan cipta.

Setelah itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memimpin pembacaan ikrar Paskibraka. Ikrar dibacakan Menpora yang juga diikuti para Paskibraka terpilih dari 34 provinsi seluruh Indonesia itu.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Sang pemimpin upacara, Febitri Nur Tsabitah, mengawali dan mewakili teman-teman lainnya dengan memegang bendera Merah Putih di dada kiri mereka.

"Ikrar putra Indonesia. Kami putra Indonesia bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami putra Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia. Kami putra Indonesia berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra Indonesia bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia. Kami putra Indonesia menjaga ideologi negara, ideologi Pancasila. Kami putra Indonesia taat kepada konstitusi Undang-Undang Dasar 1945. Kami putra Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Kami putra Indonesia bersatu dalam perbedaan, dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kami putra Indonesia, berkomitmen mewujudkan masyarakat adil dan makmur di bawah ridho dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi ikrar kami," ujar Zainudin Amali diikuti anggota Paskibraka.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Usai ikrar itu dibacakan oleh seluruh anggota Paskibraka, Presiden Jokowi kemudian melakukan  pengukuhan. 

"Dengan memohon ridha Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2021. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara," ucap Jokowi.

Usia ikrar, Presiden bersama Menpora, langsung memberikan ucapan selamat kepada anggota Paskibraka yang akan bertugas di upacara 17 Agustus 2021 nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya