Batu-Malang Destinasi Wisata Akhir Tahun, Rekayasa Lalin Disiapkan

Alun-alun Kota Batu, Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di wilayah Malang dan Batu, Jawa Timur. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan masyarakat yang hendak mengisi libur akhir tahun di kedua daerah tersebut.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengatakan, jajaran Polres Malang dan Batu sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas mulai dari pengalihan arus hingga sistem buka tutup.

"Tadi disampaikan Polres nanti akan dilakukan rekayasa lalin dan buka tutup," ujar Istiono di Simpang Empat Karanglo, Malang, Jawa Timur, Rabu, 11 Desember 2019.

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

Selain mengatur arus lalu lintas, Istiono mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lainnya guna menertibkan pasar atau tempat oleh-oleh yang menghabiskan ruas jalan.

"Kita sudah atur dan rekayasanya seperti apa. Kalau pasar tumpah harus koordinasi dengan lintas sektoral lainnya agar titik wisata berjalan lancar," katanya.

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung MK Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Khusus wilayah Jawa Timur, mantan Kapolda Bangka Belitung ini menuturkan memang yang menjadi perhatian adalah Simpang Empat Karanglo. Simpang ini menghubungkan antara Surabaya, Malang dan Batu.

Namun, ia bersyukur lantaran kepadatan bisa terurai dengan adanya underpass dan tol Surabaya-Malang. Apalagi dijalur ini ada perlintasan sebidang Kereta Api yang menambah kepadatan.

"Adanya tol Malang ke Surabaya dan sebaliknya, dari data yang kita lihat ada pengurangan jumlah laka lantas yang cukup signifikan. Ini sangat membantu kita dan kemacetan pun juga sudah terbantu karena ada underpass. Pelanggaran pun sudah mulai turun karena di titik arteri sebagaian pengendara pindah ke jalan tol," katanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya