Liburan ke Banyuwangi, Ada Bukit Teletubbies hingga Lord of The Ring

Salah satu lokasi wisata di Banyuwangi, Jatim.
Sumber :
  • Humas Pemkab Banyuwangi

VIVA – Tak berlebihan jika mantan aktris Arumi Bachsin menyebut ada banyak destinasi wisata di Jawa Timur bisa dikunjungi masyarakat pada musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kali ini. 

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Di Kabupaten Banyuwangi, misalnya, banyak lokasi wisata favorit ditawarkan, dari wisata sejarah, pemandangan indah dan asri pegunungan dan pantai, hingga wisata kuliner yang maknyus-maknyus.

Bagi pelancong yang suka menjelajahi tempat-tempat bersejarah, Banyuwangi menawarkan city tour di dalam kota. Ada beberapa spot tempat bersejarah bisa dikunjungi.

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

Di antaranya Pendopo Sabha Swagat, rumah dinas Bupati Banyuwangi berusia 250 tahun. Di sana ada gundukan menyerupai bungker diselimuti rerumputan hijau. Orang-orang sekitar menyebut gundukan itu dengan Bukit Teletubbies. 

Salah satu lokasi wisata di Banyuwangi, Jatim.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Di dekat pendopo, berdiri rumah khas Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi. Rumah itu disusun tanpa satu pun paku, tetapi menggunakan pasak pipih.

Di lokasi ini juga ada sumur tua yang dikaitkan dengan legenda kisah pengorbanan Puteri Sritanjung, airnya dipercaya bisa membuat awet muda bila dipakai untuk membasuh wajah.

Tak begitu jauh dari pendopo, ada gedung bernama Asrama Inggrisan yang dibangun pada 1889. Di lokasi ini ada jejak sejarah yang menghubungkan Banyuwangi dengan Kota Broome, Australia Barat.

Kedua kota tersebut pernah terkoneksi pada awal abad 18, dalam satu jalur kabel telegram bawah laut yang dibangun Inggris mulai dari Eropa hingga Australia. Sisa terowongan bawah tanah penyambung kabel itu masih ada sampai sekarang.

Salah satu lokasi wisata di Banyuwangi, Jatim.

Di kawasan tersebut juga ada Kantor Pos yang peninggalan zaman kolonial Belanda. Juga ada Gedung Juang yang tengah direnovasi menjadi pusat aktivitas warga kota.

Tidak ketinggalan juga ada Pantai Marina Boom yang lokasinya hanya selemparan batu dari dua lokasi di atas. Di sini pelancong bisa menikmati landscape pantai yang indah hingga berfoto di jembatan ikonik yang sedang viral.

Bagi penyuka wisata alam, tentu saja Gunung Ijen jadi andalan Banyuwangi. Kabupaten paling timur Pulau Jawa itu juga punya Hutan Djawatan di Kecamatan Benculuk yang terkenal sebagai hutan Lord of The Ring. Di kawasan pegunungan dan hutan itu, ada banyak spot bagus bisa dinikmati pengunjung, termasuk untuk berswafoto. 

Bagi penyuka wisata pantai, Banyuwangi punya Pantai Pulau Merah yang sudah terkenal. Ada juga Bangsring Underwater dan Pantai Watu Dodol di bagian utara Banyuwangi.

Di selatan, berjejer deretan pantai indah yang memesona. Sebut saja Pantai Teluk Hijau yang berpasir putih, Pantai Mustika yang menawarkan sensasi kuliner lobster segar, hingga Pantai Wedi Ireng yang disebut-sebut sebagai replika Raja Ampat. 

Lokasi wisata lorong bambu di Banyuwangi, Jatim.

Banyuwangi sekarang juga punya destinasi wisata baru, yakni Lorong Bambu yang ada di pusat kota. Lorong Bambu sebuah instalasi unik yang berbentuk kurva menyerupai terowongan terbuka berbahan bambu. Instalasi ini terintegrasi dengan kawasan bersejarah Banyuwangi. Lokasi ini dijamin Instagramable banget. 

Kuliner di Banyuwangi juga maknyus-maknyus dan khas. Ada banyak pilihan makanan khas dengan lokasi yang mudah dijangkau, di seputaran dalam Kota. Mulai Sego Tempong Mbok Wah di Kelurahan Bakungan, Pecel Rawon yang bisa ditemukan di Warung Pecel Ayu di Jalan Adi Sucipto, hingga Menu Ayam Kesrut di Warung Kesrut Kanggo Riko Desa Segobang Kecamatan Licin.

Sementara itu, untuk menu Rujak Soto bisa ditemukan di hampir setiap warung rujak yang tersebar di dalam kota. Jika ingin menemukan beragam makanan khas lokal di satu tempat bisa juga mengunjungi restoran seperti Osing Deles, Srengege Wetan hingga Warung Kemangi di Desa Kemiren.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya