Peringati Satu Dekade Haul Gus Dur, Radesa Institute Bikin Lomba Foto

Ilustrasi Peringatan Haul ke-9 Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Solo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA – Memperingati satu dekade haul Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Radesa Institute punya terobosan. Radesa akan menghelat lomba dan pameran foto bertajuk Satu Dekade Haul Gus Dur. 

PNM Ajak Jurnalis Ikutan Lomba Foto Berhadiah 96 Juta

Menurut panitia penyelenggara, Billy Ariez, tujuan dihelatnya lomba dan pameran ini untuk melestarikan warisan keilmuan dan keteladanan Gus Dur.

“Jadi, bukan hanya untuk mengenang Gus Dur tapi juga sebagai harapan munculnya Gus Dur baru setelahnya," kata Billy, dalam keterangannya, Senin, 23 Desember 2019.

Mengintip Wisata Hidden Gems di Jawa Lewat Pameran Foto Jawimajinasi

Figur Gus Dur dianggap penting dalam nilai-nilai pluralisme. Kata dia, generasi muda perlu contoh sosok Gus Dur sebagai pengayom keragaman negara Bhineka Tunggal Ika. "Indonesia sangat plural, begitu banyak potensi masalah membutuhkan pengayom," jelasnya.

Dia pun tak sungkan untuk mengajak masyarakat umum termasuk kalangan fotografer untuk berpartisipasi mengikuti lomba dan pameran tersebut. Apalagi, bila ada masyarakat yang punya karya foto Gus Dur semasa hidupnya. 

BPJS Ketenagakerjaan Kembali Gelar Lomba Foto Bertema Pekerja

"Kami mengundang fotografer dan masyarakat umum yang memiliki karya foto Gus Dur semasa hidup untuk turut serta. Tentu saja dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya. 

Terkait pameran ini, bagi masyarakat yang minat untuk ikut serta bisa mengirim mulai 23 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020. Maka, penyerahan foto paling lambat 5 Januari 2020.

Rencananya, pameran akan digelar Rabu, 8 Januari 2020 di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh Nomor 9, Jakarta Pusat. File foto dikirim melalui email mediacenter@pkb.id

"Bentuk Foto. Besar maksimal 3000 piksel dan 300 dpi. Disimpan dalam bentuk JPEG dengan kualitas tertinggi," tuturnya.

Jika beruntung, nanti 20 foto terbaik akan mendapatkan reward. Kemudian, foto-foto itu dipamerkan dalam kegiatan Pameran Foto: Satu Dekade Haul Gus Dur di kantor DPP PKB. "Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya