Temuan Bunga Rafflesia Raksasa di Dunia Masuki Fase Mekar Sempurna

Bunga Rafflesia Tuan-Mudae tumbuh di hutan Maninjau.
Sumber :
  • VIVAnews/Andri Mardiansyah

VIVA – Di penghujung 2019, kabar gembira datang dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia Tuan-Mudae yang tumbuh di kawasan hutan cagar alam Maninjau di Jorong Marambuang Nagari Baringin Kecamatan Palembayan, memasuki fase mekar sempurna.

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat resor Agam mengklaim, kalau temuan bunga Rafflesia Tuan-Mudae yang tumbuh di lokasi itu adalah yang terbesar di dunia, yang pernah tercatat dan terdokumentasi sepanjang sejarah temuan bunga Rafflesia berbagai jenis.

"Kita perkirakan, akan mencapai diameter terbesar di dunia. Individu bunga yang akan mencapai puncak besok atau lusa ini, diperkirakan akan mencapai diameter lebih dari 110 sentimeter. Saat ini, mulai masuk fase mekar. Sebelumnya, pada akhir 2017 lalu, di lokasi dan inang yang sama sempat mekar dengan diameter 107 sentimeter," kata petugas Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumatera Barat resor Agam, Ade Putra, Senin 30 Desember 2019.

Heboh, Bunga Bangkai Setinggi 50 Cm Tumbuh di Kebun Warga Kalbar

Dijelaskan Ade, Rafflesia Tuan-Mudae ini, merupakan spesies yang hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii. Namun, berdasarkan hasil penelitian dan explorasi yang dilakukan Agus Susatya, seorang ahli bunga Rafflesia dari Universitas Bengkulu pada Oktober 2017, terdapat beberapa perbedaan antara Tuan-Mudae dengan Arnoldii.

Perbedaan morfologi atau fisik antara jenis Rafflesia Tuan-Mudae di cagar alam Maninjau dengan Arnoldii ini, seperti yang terdapat pada warna kelopak (perigon). 

Heboh, 6 Bunga Rafflesia Muncul di Hutan Belantara Kalimantan Barat

Kalau Arnoldii, lebih ke oranye. Sedangkan Tuan-Mudae, cenderung berwarna merah maron. Kemudian, pola putih atau bercak pada kelopak bunga yang tunggal, sedangkan Arnoldii itu ganda (besar dan kecil).

"Lalu, pola bercak Arnoldii besar di kelilingi kecil. Di Maninjau, tidak. Kalau rafflesia di Maninjau, jarak antar bercak agak berjauhan, Arnoldii lebih rapat dan bagian dalam (ramenta) atau bulu berada pada bagian dalam. Hingga akhir 2017, jumlah jenis tumbuhan Rafflesia di dunia ada 31 jenis, 15 jenis terdapat di Indonesia, dan 11 jenis berada di pulau Sumatera. Bunga Rafflesia ini, akan terus kita pantau hingga sepekan ke depan," tutur Ade Putra. (asp)

Anggrek hitam.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

ndonesia merupakan negara yang dikaruniai kekayaan flora, Sayanganya tidak semua tumbuhan dapat lestari. Berikut deretan tumbuhan langka yang ada di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2022