Gebrakan Firli Bahuri, Tangkap Bupati Sidoarjo dan Komisioner KPU

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bikin gebrakan di awal tahun 2020. Dua hari berturut-turut, penyidik melakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang menyeret pejabat negara. Mereka yang ditangkap dan sudah menjadikan tersangka terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Sementara Komisioner KPU Wahyu Setiawan masih diperiksa.

Nama-nama Calon Anggota Pansel KPK Masih Digodok Presiden Jokowi

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR RI dari Fraksi NasDem Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri Cs.

Sahroni memandang langkah tersebut membuktikan kepada masyarakat bahwa Firli Cs layak dipercaya dan didukung kiprahnya memberangus praktik korupsi, terlebih melalui lembaga antirasuah tersebut. 

Sekjen DPR Ajukan Praperadilan soal Penyitaan Pasca Penggeledahan oleh KPK

“Selama ini masih banyak suara-suara yang meragukan komitmen mereka dalam memberantas korupsi. Kini mereka membuktikannya lewat kinerja.

 Penangkapan besar selama dua hari berturut-turut melalui OTT membuktikan kepemimpinan Firli Cs tetap garang terhadap para pelaku korupsi," ucap Sahroni di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020. 

Heboh Pegawai Kristen Jadi Petugas Haji, Ayah Eki Vina Cirebon Muncul ke Publik

"Saya optimis KPK dibawah kepemimpinan mereka akan semakin membuat KPK menjadi momok koruptor dan mampu bersinergi lebih baik dengan penegak hukum lainnya,” sambung politisi NasDem ini.

Dengan dukungan masyarakat luas dan elemen bangsa lainnya kata Sahroni, KPK diyakininya akan tetap menjadi lembaga pemberantas korupsi seperti yang diharapkan masyarakat. Dengan demikian suara sumbang seputar upaya pelemahan KPK yang pernah begitu santer terdengar diharapkan justru berubah menjadi dukungan yang luar biasa.

“Komisi III sebagai lembaga politik yang menguji kelayakan mereka pun turut bangga dan menaruh apresiasi terhadap capaian di awal kepemimpinan mereka,” kata Sahroni.

Ia juga berharap agar kedepan Firli dan kawan-kawan mampu konsisten membuktikan komitmen mereka lewat kinerja-kinerja seputar pencegahan dan penindakan terhadap praktik-praktik korupsi yang sudah sebegitu masif menggerogoti bangsa dan negara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya