Jepang Mulai Proyek di Natuna Februari 2020

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis

VIVA - Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi, terutama investasi di pulau-pulau terluar Indonesia termasuk Natuna. Hal ini dibahas dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Khusus untuk Natuna, kita sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Indonesia mengharapkan agar SKPT fase kedua dapat ditindaklanjuti," kata Retno dalam pernyataan bersama usai pertemuan bilateral di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Jumat 10 Januari 2020.

Pengembangan SKPT di Natuna bukan hal yang baru sebab saat ini sudah memasuki fase kedua. Pemerintah Indonesia menginginkan agar kerja sama tersebut ditindaklanjuti hingga bidang pengembangan pariwisata dan kerja sama energi.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Indonesia mengharapkan fase kedua ditindaklanjuti seperti pembangunan pelabuhan dan pasar ikan, peningkatan kapasitas untuk nelayan, pengawasan perikanan, pengembangan pariwisata dan kerja sama energi," ujar Retno.

Menanggapi hal itu, Menlu Motegi memastikan bahwa proyek-proyek tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. "Pada Februari yang akan datang, Jepang akan memulai proyek pembenahan pelabuhan dan pasar ikan di pulau-pulau terluar," ujar Montegi, dalam kesempatan yang sama.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Selain investasi di Natuna dan pulau-pulau terluar Indonesia lainnya, Indonesia dan Jepang juga menyepakai kerja sama coast guard, termasuk bidang capacity building dan exchange domain maritime awareness di kawasan Indo-Pasifik.

"Sebagai sesama negara demokrasi maritim, kami sepakat untuk mempromosikan kerja sama di bidang maritim. Untuk bulan ini, kami akan memulai kerja sama teknik dengan Bakamla," ujar Montegi.

Ilustrasi perempuan Jepang

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Lebih dari 40 persen kota di Jepang kemungkinan akan mengalami penurunan jumlah penduduk perempuan muda hingga lebih dari setengahnya dalam 30 tahun hingga tahun 2050.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024