Banjir Terjang Kabupaten Barru Sulsel, 121 KK Terisolir

Banjir di Barru Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurdin Amir

VIVA – Cuaca ekstrem hujan deras dan angin kencang yang melanda sejumlah Kabupaten di Sulawesi Selatan mengakibatkan banjir di tiga kecamatan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Saat ini, tim Basarnas melakukan evakuasi sekitar 10 warga yang terjebak banjir di Dusun Barantang, Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi. Sekitar 121 warga di Bulu Dua terisolir.

Banjir di Soppeng Sulsel Telan Korban Jiwa

Tiga kecamatan di Kabupaten Barru yang terdampak banjir yakni di Dusun Barantang Desa Manuba Kecamatan Mallusetasi, Dusun Bulu Dua Desa Balusu Kecamatan Balusu dan Kelurahan Kiro-Kiro Kecamatan Soppeng Riaja. Ketinggian banjir mencapai 1 meter lebih.

Menurut Rahman, warga Buludua mengaku angin kencang dan hujan deras dari kemarin sehingga mengakibatkan meluapnya dua sungai besar yang mengakibatkan banjir. Saat ini warga masih terisolir.

17 Ribu Jiwa Lebih Terdampak Banjir Konawe, Kerugian Ditaksir Rp44 M

"Hujan deras mulai dari kemarin. Air mulai naik minggu dini hari sampai sekarang mengakibatkan banjir. Diperparah dengan pasang dan meluapnya sungai. Ada dua sungai yang meluap di sungai Soppeng Riaja dan sungai Balusu yang menghimpit. Sungai berada di perbatasan dua kecamatan ini," kata Rahman, saat dihubungi tim VIVAnews, Minggu 12 Januari 2020.

"Saat ini, banjir masih berlangsung yang terjadi sekitar jam 4 dini hari tadi. Warga memilih bertahan di rumah masing-masing dan sudah mengamankan barang berharga. Air malah bertambah karena hujan terus," ujar Rahman

Istri Pejabat di Kabupaten Barru Ditemukan Tewas Tercekik di Mobil

Laporan sementara BPBD Sulawesi Selatan, penduduk Dusun Buludua Kabupaten Barru yang terisolasi karena genangan banjir dan arus sungai yang meluap cukup deras sekitar 121 kepala keluarga. Pemerintah Kabupaten Barru melalui BPBD bersama tim Basarnas terus berkoordinasi dan melakukan evakuasi warga di sejumlah titik.

Sementara itu, akibat sungai meluap dan air laut pasang, sejumlah titik poros jalan trans Sulawesi di Kabupaten Barru juga tergenang air hingga 40 cm, yang mengakibatkan arus kendaraan terganggu.
 

Lokasi banjir di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan

Banjir Tiga Meter di Wajo Sulawesi Selatan Meluas

Ada 155 Kepala Keluarga mengungsi dan 17 ribu rumah terendam banjir.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2020