Modus Korupsi Asabri Sama dengan Skandal Jiwasraya

Laman depan web ASABRI
Sumber :
  • WEB Asabri

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menyebut bahwa permasalahan yang menyangkut Asuransi Jiwasraya mirip dengan yang dialami Asabri. Sama-sama perusahaan milik negara, dugaan korupsi muncul manakala perseroan menjual produk investasi dibalut polis asuransi.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

"Ya (sama dengan kasus Jiwasraya), modus operandinya sama," kata Mahfud di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 13 Januari 2020.

Mahfud menyebutkan, pihaknya berencana Menteri BUMN Erick Thohir dalam waktu segera. Baginya kasus ini perlu melibatkan banyak pihak lantaran nasabah Asabri merupakan pensiunan militer.

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

"Karena Presiden sendiri itu sudah mengatakan semua kasus korupsi itu harus dibongkar. Bukan hanya dibongkar dibawa ke pengadilanlah," kata dia.

Menurut Mahfud, skandal korupsi di tubuh Asabri sebetulnya pernah terjadi tahun 1998. Kala menjadi Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid tahun 2000, dia menemukan temuan yang hampir serupa.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Dan saat menjadi Menko Polhukam Mahfud kembali mendapat temuan bahkan disebutnya korupsi di Asabri kali ini mencapai Rp10 triliun.

"Sesudah itu kasus itu diadili dan sudah ada terpidana nya juga, swasta dan TNI aktif. Sekarang kok terjadi lagi sesudah negara mengeluarkan duit untuk prajurit," kata dia soal skandal Asabri.

"Kan tentara itu, kok jadi terjadi lagi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya