13 Sungai Kepung Jakarta Penyebab Banjir Besar?

Tukang perahu 'eretan' membantu warga menyeberangi kali Ciliwung di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Masih teringat bagaimana pergantian tahun 2020, justru menjadi musibah bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sekitar 67 orang tewas dalam bencana banjir tahun ini.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

Wilayah Jakarta pun menjadi sorotan, karena banyak orang yang harus mengungsi akibat musibah ini. Selain curah hujan yang tinggi, daya tampung sungai juga kerap disalahkan. Hampir semua titik banjir berdekatan dengan sungai, termasuk di Jakarta.

Tahukah Anda, jika Jakarta ternyata dikepung oleh setidaknya 13 sungai besar. Mulai dari Ciliwung, Angke, Pesanggaran, dan lainnya. Salah satu yang paling disorot adalah Ciliwung, yang empat mandek proses normalisasinya.

Viral Terekam Lumba-lumba Berenang di Sungai Keruh, Kok Bisa?

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, jika proses normalisasi sungai Ciliwung saja, tidak akan menyebabkan Jakarta bebas banjir.

Lalu, seperti apa kondisi 13 sungai lain yang mengepung Jakarta? Baca selengkapnya di Sorot 587: Hikayat Belasan Sungai yang Mengepung Jakarta.

Hanyut di Sungai Brantas Malang, Kurt Cobain Masih Belum Ditemukan
Upaya pencarian yang dilakukan tim SAR dan BPBD Jombang

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Anton Bahrul (43) warga Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri menceburkan ke sungai Brantas.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024