Lahan Bakal Istana Keraton Agung Ternyata Milik Eks Sekretaris Desa

Sejumlah pengunjung berada di gapura pintu masuk komplek Keraton Agung Sejagat di Kabuputen Purworejo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVA – Lahan seluas sekira dua hektare yang digunakan sebagai bakal istana Keraton Agung Sejagat di Dusun Pogung, Desa Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, ternyata aset pribadi seorang pengikut komunitas yang didirikan Toto Santoso itu.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Camat Bayan Moehardjono mengakui, ada 14 warganya yang menjadi pengikut Keraton Agung Sejagat--4 orang di antaranya adalah warga setempat dan salah satunya adalah si pemilik lahan. Namanya, Chikmawan, pernah menjabat sekretaris desa di Desa Jurutengah. Chikmawan, katanya, bahkan pria berpendidikan tinggi dan menyandang gelar sarjana hukum.

"Pemilik lahan ini adalah warga sini. Kebetulan kami kenal, karena beliau adalah mantan sekretaris Desa Pogung Jurutengah, [namanya] Chikmawan SH," kata Moehardjono dalam perbincangan dengan tvOne di kompleks bakal istana Keraton Agung Sejagat, Kamis, 16 Januari 2020.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Dia mengaku tak mengetahui detail alasan atau kisah Chikmawan sampai menjadi pengikut Toto Santoso. Yang pasti, katanya, hanya 14 orang dari total 450-an orang pengikut Keraton yang berasal dari Kecamatan Bayan, selebihnya adalah warga luar Bayan, bahkan luar Purworejo.

Berdasarkan laporan aparatnya, warga setempat memang sejak awal terganggu oleh aktivitas Toto Santoso dan para pengikutnya pada Jumat pekan lalu, ketika mereka meresmikan calon istana itu. Sebab, mereka kegiatan mereka dilakukan tengah malam atau dini hari sampai jam tiga pagi.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

Warga setempat, menurut Moehardjono, terutama terganggu kegiatan ritual pada tengah malam itu karena menggunakan sistem suara yang bising dan membakar dupa-dupa. "... mungkin terlalu banyak dupanya, sehingga membuat bau masyarakat sekitar," ujarnya.

>
Nobar di depan Balai Kota Solo

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Adanya acara nobar akses jalan yang melintasi depan balai kota pun ditutup.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024