Ada 3 Calon, Jokowi Pilih Aan Kurnia Jadi Kepala Bakamla

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

VIVA – Laksamana Madya TNI Aan Kurnia ditunjuk sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) menggantikan Laksdya A. Taufiqurrachman.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Penggantian itu dilakukan, melalui rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dilaksanakan pada Kamis kemarin 16 Januari 2020. Sosok Aan sebagai pejabat baru, disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Pak Aan (Kepala Bakamla baru)," kata Jokowi, dalam perbincangan dengan wartawan, di Istana Merdeka Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Aan dinilai lebih unggul dibanding dua pesaingnya yang lain. Di TPA, ada tiga nama yang diusulkan untuk menjadi Kepala Bakamla. Namun, akhirnya Aan lah yang ditunjuk.

Laksdya Aan Kurnia adalah kelahiran Kepri 22 Juli 1965. Ia merupakan seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut. Ia merupakan alumnis Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-32 tahun 1987. Sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Angkatan Laut.

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Tercatat, Laksdya Aan Kurnia sempat menjabat posisi penting di AL. Seperti Kepala Staf Koarmatim 2014-2015, Pangkolinlamil 2015-2016, Pangarmabar 2016-2018, Asops Kasal 2018, dan Danjen Akademi TNI 2018 hingga kini.

Peran Bakamla rencananya akan ditingkatkan menjadi badan tunggal penjaga laut dan pantai di Indonesia. Hal ini pernah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas membantah pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, untuk membahas kur

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024