Copot Ronny Sompie, Yasonna Laoly Dinilai Korbankan Anak Buah

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVAnews - Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati, menilai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly cuci tangan atas kesalahan data perlintasan buronan Harun Masiku.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Asfinawati menyebut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu telah mengorbankan anak buahnya sendiri yakni Dirjen Imigrasi Ronny Sompie, dan Direktur Sisdik Keimigrasian.

Baca juga: ICW: Lebih Baik Jokowi Copot Yasonna Laoly

Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan

“Iya itu Menkum HAM buang badan mengorbankan anak buahnya,” kata Asfinawati dihubungi awak media, Rabu, 29 Januari 2020.

Asfinawati memandang, pencopotan Dirjen Imigrasi menegaskan memang ada masalah dalam persoalan data perlintasan tersangka Harun Masiku.

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

“Cuma permasalahan yang mencopot kan menkumham, sedangkan menkumham itu sebenarnya orang yang dituntut berapa pihak untuk diperiksa,” kata Asfinawati.

Kendati demikian, Asfinawati mengatakan sangat tepat pencopotan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik Keimigrasian bila hal itu hanya sebatas persoalan administrasinya. Tapi jauh dari itu, bila hal ini ternyata upaya menghalani penyidikan, sudah sepatutnya Yasonna Laoly ikut diperiksa oleh KPK.

“Soal Dirjen imigrasinya dulu, pertama, kalau ini kesalahan adminstrasi dia memang layak untuk dicopot, tapi kalau lebih dari itu ternyata ini bukan persoalan administrasi saja, ini dia tersangkut pidana obstruction of justice. Jadi harus ada pemeriksaan lebih lanjut soal ini dan pasti bukan dari internal imigrasi, tapi dia harus diusut KPK. Publik berhak mendapatkan kebenaran apa itu betul-betul delay sistem apa ada yang lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mencopot Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F Sompie, dari jabatannya per hari Selasa, 28 Januari 2020.

"Saya sudah mengfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sistem Keimigrasian. Sekarang Dirjen Imigrasi sudah di-Plh," kata Yasonna Laoly di Istana Kepresidenan, Selasa, 28 Januari 2020.

Pencopotan Ronny Sompie terkait kasus delay informasi Keimigrasian Harun Masiku di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu. Untuk menelisik penyebabnya, Yasonna membentuk tim independen mengusut kasus tersebut.

"Supaya ini benar-benar independen, tidak ada conflict of interest," ujarnya.

Seperti diketahui, Ronny F Sompie dilantik sebagai Dirjen Imigrasi Senin, 10 Agustus 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya