Keunikan dari Underpass NYIA yang Sudah Siap Beroperasi 

Underpass New Yogyakarta Internasional Airport di Kulonprogo.
Sumber :
  • VIVAnews/Purna Karyanto Musafirian

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah menyelesaikan konstruksi jalan bawah tanah (underpass) di bawah New Yogyakarta International Airport.

Lubang Biru Terdalam di Dunia Ditemukan, Misteri Goa dan Terowongan Tersembunyi

Underpass NYIA merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1,3 kilometer dan terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter, serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan underpass ini memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter. 

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

"Underpass akan dilengkapi sistem audio untuk menyampaikan pesan-pesan pentingnya keselamatan berkendara selama berada di dalam underpass," kata dia, di Yogyakarta, dikutip Jumat 31 Januari 2020.

Ornamen di dalam Underpass NYIA di Kulonprogo, Yogyakarta.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Sementara itu, dia menuturkan untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan, konstruksi underpass ini dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya. 

Di samping itu, untuk menambah nilai estetika pada konstruksi terowongan dihiasi ornamen khas Yogyakarta seperti Tari Jathilan, Tari Angguk Putri, Kalamakara dan Setilir Gebleg Renteng.

Selain menghubungkan Purworejo dengan Kulonprogo melalui Pansela, diharapkan underpass NYIA ini dapat memperlancar arus lalu lintas warga sekitarnya sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kulon Progo. 

"Beroperasinya underpass NYIA juga mendukung Jalur Pansela sebagai alternatif Jalur Pantura yang sudah padat dengan kendaraan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya