Presiden PKS Dukung Keputusan Jokowi Tak Pulangkan WNI Eks ISIS

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman menghormati keputusan Presiden Joko Widodo yang menolak memulangkan 689 warga negara Indonesia pengikut kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sekarang berada di kamp-kamp Suriah dan Turki.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Sohibul menilai, persoalan status kewarganegaraan WNI yang terafiliasi dengan kelompok teror itu cukup pelik. Sebab, di satu sisi, kepergian mereka atas inisatif pribadi.

"Bahkan di antaranya mereka ada yang membakar paspor. Saya kira, itu tidak mudah untuk kemudian kita memperlakukannya sama dengan warga negara yang normal," kata Sohibul saat ditemui di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Namun, katanya, kebijakan pemerintah yang mewacanakan pemulangan bagi anak-anak patut ditunggu. Sebab anak-anak yang masih berada di kamp-kamp ISIS merupakan korban. Mereka bisa dipulangkan dan dibina.

Upaya kontra radikalisme bagi para WNI eks ISIS, menurutnya, dapat dilakukan berbagai cara, misalnya, lewat pendidikan. Cara itu diharapkan menjauhkan anak-anak atau eks korban terpapar ideologi menyimpang. 

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

"Insyaallah mereka akan tumbuh tidak seperti yang diharapkan oleh orang tuanya mungkin, ya. Saya percaya hal itu," ujarnya.

VIVA Militer: Gedung Konsulat Iran di Damaskus hancur akibat serangan Israel

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Pasukan Iran ditarik dari wilayah selatan Suriah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024