Arab Saudi Setop Umrah, Jemaah Sudah di Pesawat Disuruh Turun

Akibat Pemerintah Arab Saudi hentikan kunjungan umrah ke Tanah Suci, calon jemaah umrah diturunkan dari pesawat di bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis, 27 februari 2020.
Sumber :
  • vivanews/Sherly

VIVA – Iyus Gusmana, salah seorang calon jemaah umrah asal Purwakarta, terpaksa kembali turun dari pesawat setelah adanya pengumuman penangguhan penerbangan ke Arab Saudi oleh pemerintah setempat, Kamis, 27 Februari 2020.

Raisi Berusaha Keras Keluarkan Iran dari Sanksi AS dan Negara-negara Barat, Menurut Pengamat

Ia bersama 25 rekannya yang lain dijadwalkan berangkat menuju Arab Saudi menggunakan masakapai Saudia Airlines pada pukul 14.15 WIB. 

Saat itu, mereka telah berada di dalam pesawat pada pukul 14.00 WIB. Namun, setelah 15 menit di dalam pesawat, pihak maskapai mengumumkan adanya penangguhan penerbangan menuju negara tersebut dengan waktu yang belum ditentukan.

Punya Helikopter Sangar Buatan Rusia, Mengapa Presiden Iran 'Dibiarkan' Naik Heli Tua AS?

Pencegahan Wabah Corona di Arab, Jemaah Calon Umroh Diturunkan Dari Pesawat

Akibat Pemerintah Arab Saudi hentikan kunjungan umrah ke Tanah Suci, calon jemaah umrah diturunkan dari pesawat di bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis, 27 februari 2020. (Foto: Sherly/VIVAnews)

Nasib Penempatan PMI ke Arab Saudi Melalui SPSK Belum Jelas, FKPMI Bilang Begini

Para calon jemaah umrah pun terpaksa kembali turun dari pesawat menuju area check in untuk menunggu informasi selanjutnya.

"Iya, tadi saya sudah di dalam pesawat sekitar 15 menit, dan ternyata ada pengumuman soal penangguhan penerbangan ke Arab. Adanya hal itu, kami diminta turun dari pesawat," katanya di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Rasa sedih tentunya dirasakan para jemaah yang terpaksa menunda proses ibadahnya menuju Tanah Suci. Kendati demikian, mereka pun pasrah dan memilih mengikuti aturan yang ada.

"Sedih pasti, saya sudah berharap akan ke Tanah Suci, tapi mau gimana lagi. Saya hanya bisa sabar, karena hal ini tentunya untuk keselamatan kita juga," ujarnya.

Kendati demikian, ia masih berharap agar hari ini bisa terbang menuju Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umrah.

"Kita sih masih nunggu dari travel, gimana kelanjutannya. Mau itu nantinya dipulangkan, ya enggak apa-apa. Kita terima saja. Harapannya sih tentu bisa terbang hari ini," ucapnya.

Pantauan VIVAnews di lokasi, ribuan jemaah umrah tampak memadati area check in Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang. Mereka masih menunggu informasi lanjutan terkait adanya penangguhan penerbangan menuju Arab Saudi terkait pencegahan penyebaran virus corona. 

Tidak hanya itu, untuk melakukan pengamanan, pihak kepolisian, petugas Bandara Soekarno-Hatta, dan juga TNI tampak berjaga di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya