Pemerintah Telusuri Sumber Corona Covid-19 Pasien 27

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto (kanan).
Sumber :
  • Parjo Ramelan

VIVA – Pemerintah masih belum mengenali sumber virus pasien Corona Covid-19 atau kasus dengan kode 27 yang baru saja diumumkan. Berdasarkan analisa sementara, pasien ini dikategorikan local transmission yang belum terlacak dari kluster penyebaran virus korban sebelumnya ataupun setelah bepergian dari luar negeri.

"Kita sudah bertanya ke yang bersangkutan, yang pasti tidak berasal dari luar negeri. Kemudian kita juga bertanya apakah ada temannya yang sakit? Mereka, yang bersangkutan ini masih belum jelas siapa temannya," kata Juru Bicara Penanganan Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020.

Menurut Yurianto, pihaknya dan tim dokter tetap melakukan tracing atau melacak dengan siapa korban pernah melakukan kontak. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pencegahan penyebaran virus.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Lalu, jika sudah ditemukan, pemerintah dan tim langsung terjun mengisolasi komunitas di mana pasien sempat bertemu dan pergi ke suatu tempat. Timnya juga akan menelusuri orang yang akrab atau memiliki kontak dengannya.

"Ini yang menjadi bagian pekerjaan kita untuk telusuri," tambahnya.

Yurianto pun meminta agar masyarakat tidak panik lantaran satu kasus ini belum jelas asal-muasal virus menyebar. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat memeriksakan kesehatannya jika dirasa tubuh mengalami gejala-gejala mengarah Corona.

"Baik dia ODP (orang dalam pemantauan) maupun yang bukan ODP. Kalau sakit batuk, pilek, dan sebagainya pakailah masker. Itu kuncinya. Supaya pada saat dia batuk bersin dan sebagainya, virus yang ada dalam tubuhnya apapun itu entah itu Covid-19 atau yang lainnya tidak tersebar," kata dia.
 

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus
Ilustrasi virus

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

The Malaysian Ministry of Health (MCH) detected 6,796 new cases of Covid-19 virus from November 26 to December 2, 2023 (ME 48/2023), an increase from the previous ME of 3

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023