Sempat Dirawat di Jepang, 9 ABK Diamond Princess Sembuh dan Pulang

Juru Bicara Pemerintah soal Penanganan Corona, Achmad Yurianto.
Sumber :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita

VIVA – Sembilan ABK Diamond Princess yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sempat mendapat perawatan di Jepang karena dinyatakan positif Corona, kini sudah dalam proses kepulangan ke Indonesia

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"9 ABK Diamond Princess yang positif Corona dirawat di Jepang sudah sembuh, 5 diantaranya sudah ada di Tanah Air," kata Juru bicara pemerintah terkait penanganan Corona, Achmad Yurianto, di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur kamis 12 Maret 2020.

Ia menambahkan 4 ABK Diamond Princess masih di Jepang dan sedang menunggu proses kepulangan oleh pihak perusahaan. "Empat lagi masih nunggu proses ticketing yang ditanggung oleh perusahaannya. Tapi mereka sudah lepas perawatan, artinya sudah dinyatakan sembuh." tambah Yuri.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Ia berharapa dalam 2 atau 3 hari kedepan, keempat orang tersebut diharapkan sudah sampai ke Jakarta.

Sementara itu, dua pasien positif Corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso saat ini menunggu hasil tes lab terakhir. Setelah pada hasil tes laboratirum pertama, kedua pasien tersebut dinyatakan negatif.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

"Ada 2 pasien di RSPI Sulianti Saroso sedang menunggu hasil lab yang kedua. Sebelumnya sudah di negatif." ujar Yuri.

Ada beberapa prosedur yang mesti dilakukan bagi pasien sebelum dinyatakan sembuh dari Corona. Antara lain, melakukan tes laboratorium untuk memastikan kondisi kesehatan pasien selama diisolasi. "Ketentuannya kan 2 kali tes sebelum dinyatakan sembuh dari Corona," ujar Yuri.

Yuri berharap semua nya diatasi dengan baik dan satu per satu pasien positif Corona dapat dipulangkan segera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya