Sujiatmi, Sosok di Balik Kesuksesan Jokowi

Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo mencoblos di TPS 38 Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Sujiatmi Notomiharjo, lahir di Boyolali Jawa Tengah pada 15 Februari 1943. Tepat pada 25 Maret 2020 sore sekitar pukul 16.45 WIB, ibu dari Presiden Joko Widodo ini menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum meninggal pada usia 77 tahun.

Jokowi Diisukan Pindah Partai, Budi Arie: Warnanya Tunggu

Dia berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Kedua orangtuanya adalah pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali. Orangtua Sujiatmi bernama Wirorejo dan Sani. Ia akhirnya memutuskan menikah muda, dengan teman mainnya sendiri Widjiatno Notomihardjo. 

Dalam mendidik anak-anaknya, ia menerapkan disiplin yang baik. Buah dari didikannya itulah, kemudian membentuk karakter seorang Joko Widodo, yang sukses memimpin Kota Solo dua periode, menjadi gubernur DKI dan kini menjadi Presiden RI dua periode.

Profil Satya Nadella, Bos Microsoft yang Sudah Sering Ketemu Jokowi

Namun sepak terjang beliau ketika mendampingi anaknya, Joko Widodo, dalam kontestasi politik nasional, terlihat jelas. Beberapa moment, Eyang Notomiharjo, biasa almarhum dipanggil, ikut mendukung sejak Jokowi maju di Pilkada DKI 2012 maupun pemilu presiden di 2014 dan 2019.

Bahkan, di tengah-tengah serangan politik kepada Jokowi dan keluarga mengenai PKI hingga dituduh bukan anak kandung, almarhum tetap tegar dan tidak pernah menyampaikan kebenciannya.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

"Kita doakan saja agar diberi kesadaran, karena kenyataannya memang tidak seperti itu," kata Sujiatmi pada awal 2017 lalu.

Eyang Noto memang tidak banyak tampil di ruang publik. Namun sejumlah pihak menganggap, kalau beliau adalah orang yang hebat. Dari rahimnya, lahir Joko Widodo yang kemudian menjadi Presiden RI dua kali. 

Presiden Jokowi bersama Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, untuk melakukan kunjungan kerja pada Selasa, 30 April 2024. Rencananya, Jokowi ak

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024