Erick Thohir Masuk 5 Besar Menteri Berkinerja Terbaik, Siapa Lainnya

Menteri BUMN Erick Thohir, di kantornya.
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

VIVA – Sejumlah lembaga survei telah melakukan riset terkait kinerja menteri Kabinet Indonesia Kerja. Hasil survei terbaru yang dirilis Charta Politika menunjukkan nama Erick Thohir, Prabowo, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dan Mahfud MD sebagai lima besar menteri yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik. 

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

Pengamat Politik Universitas Diponegoro (Undip), Teguh Yuwono, menilai Erick menjadi menteri terbaik karena banyak melakukan gebrakan yang berani. Kinerja menteri seperti itulah yang diapresiasi publik. Menurut Teguh, Erick dipandang tidak punya banyak kepentingan sehingga keputusannya lebih berdasarkan profesionalisme, begitu juga dengan sosok seperti Nadiem dan Sri Mulyani. 

"Publik selalu menunggu menteri-menteri yang berani mengambil keputusan. Menteri-menteri yang berani mengambil risiko kebijakan yang tentu berorientasi kepada upaya menjaga kredibilitas, menjaga kekayaan negara, menjaga keamanan negara," kata Teguh kepada wartawan, Senin 30 Maret 2020

Siap Dukung Program Prabowo-Gibran, Partai Buruh Pertimbangkan Deklarasi Resmi

Teguh menambahkan, nama-nama yang muncul di sejumlah lembaga survei sudah dirasakan atau diketahui publik kinerjanya. Sehingga wajar nama Erick dan beberapa menteri lain memiliki persepsi yang sangat baik. Selain apa yang mereka kerjakan diketahui publik, keputusan yang diambil sang menteri pun dirasakan dampaknya. 

"Jadi tentu  bisa dipahami jika nama (menteri) yang muncul kemudian menteri yang bikin gebrakan," kata Teguh. 

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

Menurut Teguh, nama Erick yang terus mencuat di tengah publik menandakan masyarakat memang butuh figur yang tidak terkait banyak kepentingan. Secara finansial, kapasitas Erick sudah sangat mumpuni karena itulah saat jadi menteri yang dikejar kini adalah aktualisasi diri, bukan lagi kekayaan

"Erick Thohir kan secara kekayaan termasuk menteri yang sudah sangat mumpuni, dia tak butuh apa-apa lagi. Dia hanya butuh aktualisasi diri. Butuh menyelamatkan bangsa dan mensejahterakan bangsa. Jadi saya kira karena background ekonominya begitu kuat, menjadi leluasa dan menjadi mudah bagi beliau untuk melakukan gebrakan-gebrakan," kata Teguh. 

Pada Minggu 29 Maret 2020, lembaga survei Charta Politika mengeluarkan hasil yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintah. Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan pada pemerintah berada di kisaran 70,7 persen. 

Terkait kinerja menteri, nama Erick Thohir bersama Prabowo Subianto menjadi menteri kabinet yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik. Di luar dua nama itu ada Mahfud MD, Nadiem Makarim, dan Sri Mulyani. 

10 Menteri dengan Tingkat Kepuasan Publik Tertinggi Versi Charta Politika:
- Prabowo Subianto 16,8%
- Erick Thohir 14,3%
- Mahfud MD 9,6%
- Nadiem Makarim 7,1%
- Sri Mulyani 5,3%
- Retno Lestari Marsudi 2,3%
- Tito Karnavian 1,6%
- Syahrul Yasin Limpo 1,4%
- Basuki Hadimuljono 1,3%
- Luhut Binsar Panjaitan 0,9 %
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya