ESDM Suntik PLN Rp3,5 Triliun untuk Listrik Gratis 3 Bulan

PT PLN Persero (Perusahaan Listrik Negara)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Guna menyokong program listrik gratis selama tiga bulan bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA subsidi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menyuntikkan anggaran sebesar Rp3,5 triliun kepada PT PLN (Persero).

Terkuak, 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Adalah Bos Sriwijaya Air

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana memastikan, anggaran Rp3,5 triliun itu sudah mencakup perhitungan apabila konsumsi listrik melonjak.

"Kenapa dialokasikan dana sampai Rp3,5 triliun, agar kita punya 'space' kalau konsumsi lebih dari 2019 lalu, di mana saat itu belum ada imbauan soal Covid-19," kata Rida dalam telekonferensi, Rabu 1 April 2020.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Rida menjelaskan, angka Rp3,5 triliun itu mengacu pada tagihan rata-rata sebesar Rp360 ribu per bulan, dari total 24 juta pelanggan. Sehingga, setiap bulannya pemerintah menyiapkan Rp864 miliar.

Sementara untuk diskon tarif listrik, disiapkan anggaran sebesar Rp210 miliar per bulan, yang mengacu pada rata-rata tagihan 7 juta pelanggan listrik 900 VA subsidi setiap bulannya yang mencapai sebesar Rp60.000.
 
"Kalau dikalikan tiga bulan, maka Rp3,2 triliun. Jadi itu Rp3,5 triliun termasuk ruang sekiranya nanti ada imbauan agar masyarakat di rumah saja, dan kemungkinan konsumsi listrik rumah tangga meningkat," ujar Rida.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Dia mengatakan, insentif ini akan berlaku selama tiga bulan ke depan dan dimulai pada April ini, serta akan diperpanjang atau dievaluasi kembali apabila pandemi Covid-19 ini belum juga teratasi untuk waktu yang tidak terprediksi.

"Tiga bulan akan dievaluasi. Karena kita tidak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 ini berakhir," ujarnya.

Arsip foto - Petugas PLN melakukan pengecekan terhadap biomassa yang berasal dari serbuk kayu untuk digunakan sebagai substitusi bahan bakar batu bara atau (co-firing) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon, Banten.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

BRIN ikut terlibat dalam transisi energi fosil ke energi baru terbarukan di Indonesia melalui studi konversi pembangkit listrik batu bara menjadi nuklir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024