Dokter dan Perawat Wanita Dinilai Sebagai Contoh Kartini Zaman Now

Para tenaga medis.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVAnews - Ketua Dewan Pembina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Rizayati, menyampaikan pandangannya terkait peringatan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini. Kartini merupakan inspirasi kebangkitan perempuan di tengah belenggu tradisi paternalistik yang kuat ketika zaman penjajahan Belanda.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

“Peran perempuan tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun peran yang merambah wilayah yang lebih luas dalam sosial kemasyarakatan, termasuk ikut andil dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, seperti masalah penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini," kata Rizayati melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 21 April 2020.

Rizayati mengaku banyak melihat aksi heroik kartini zaman now dalam melawan penyebaran pandemi Covid-19, seperti dokter dan perawat wanita yang terpaksa tidak dapat pulang ke rumah untuk bertemu keluarga, bahkan banyak di antara mereka yang meregang nyawa setelah ikut terpapar virus yang mematikan ini.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Selain itu, ada Kartini-Kartini lainnya yang merogoh koceknya dalam-dalam atau menyisihkan pendapatan agar dapat melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako, masker, hand sinitizer, makan gratis bagi warga kurang mampu yang kesulitan hidup di masa pandemi Covid-19.

"Indonesia harus berbangga dengan warisan kisah heroik Kartini yang mampu menginspirasi setiap generasi. Wanita bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan, dan pemikiran serta rasionalitas seperti kaum lelaki. Lihat bentuk dan aksi nyata kartini zaman now dalam perang melawan penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia," kata Rizayati.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Teladan Kartinilah yang membuat Rizayati masih tetap menjalankan kegiatan sosial Indonesia Terang seluruh nusantara dan kegiatan sosial lainnya di tengah masa pandemi Covid-19, meski dia terpaksa berhadapan dengan virus corona yang mematikan, momok nomor satu bagi seluruh umat manusia di dunia.

"Insya Allah, selama ada rezeki dan diberi kesempatan, saya akan lakukan itu (kegiatan sosial). Selamat Hari Kartini. Semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan kita sebagai anak bangsa dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan," kata Rizayati.

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024