Pabrik Sepatu di Tangerang PHK Ribuan Karyawan di Tengah Wabah Corona

Surat PHK pabrik sepatu di Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Gelombang pemutusan hubungan kerja atau PHK di berbagai sektor terus terjadi ditengah pandemi virus corona atau covid-19. Kali ini, PHK terjadi di PT Shang Yao Fung, Jatiuwung, Kota Tangerang.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Pengumuman pemutusan kerja bagi ribuan karyawan itupun terekam dalam sebuah video dengan durasi sekitar 30 detik. Di mana pihak manajemen mengungkapkan rencana PHK yang akan dilakukan pada seluruh karyawannya mulai tanggal 13 Mei 2020.

Pada video itu pihak manajemen mengatakan jika pemberhentian kerja akan dilakukan secara bertahap. Dimulai tahap awal sebanyak 1.800 karyawan yang
akan di-PHK.

Tersandung Kasus Korupsi, Lima Smelter Timah di Babel PHK Ribuan Karyawan

"Diberitahukan kepada seluruh karyawan PT Shang Yao Fung bahwa perusahaan akan melaksanakan PHK massal terhadap semua karyawan. Pelaksanaan PHK massal ini akan dilakukan bertahap. Pertama akan dilakukan di Rabu tanggal 13 Mei 2020 sebanyak 1.800 karyawan. Tahap berikutnya akan dilakukan tanggal 14 sampai 20 Mei terhadap sisa jumlah karyawan," kata pihak manajemen dalam video tersebut.

Bukan hanya itu, dalam surat yang beredar dijelaskan jika pabrik sepatu itu melakukan PHK karena akan memulai bisnis dengan kapasitas yang lebih besar sehingga lebih banyak menyerap tenaga kerja.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat
Demo buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta (Foto ilustrasi)

Khawatir Timbul Badai PHK, Ribuan Buruh Rokok Tolak Kenaikan Cukai SKT 2025

Ribuan buruh rokok yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja RTMM SPSI menyampaikan penolakan terhadap kenaikan cukai rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) di tahun 2025.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024