Kelas Menengah Tiongkok Dalam Kecemasan

Penduduk China.
Sumber :
  • http://travelingyuk.com

VIVA – Kelas menengah Tiongkok menghadapi tugas terberat selama bertahun-tahun untuk tetap termotivasi demi masa depan yang lebih baik. Kelas menengah di Tiongkok, yang pernah menjadi inti kemakmuran Tiongkok, dengan cepat kehilangan kepercayaan dan menunggu reformasi besar-besaran di negara tersebut.

Bertambah Usia, Perjalanan Perusahaan Properti Ini Makin Bertumbuh Sukses

Berdasarkan laporan dari platform rekrutmen pekerjaan di Tiongkok, rata-rata gaji bulanan di 38 kota terkemuka di Tiongkok telah turun menjadi 1,3 persen pada kuartal terakhir tahun 2023. Ini merupakan penurunan kuartalan terbesar sejak tahun 2016.

Para analis menyerukan peningkatan stimulus besar-besaran untuk Sektor swasta Tiongkok yang dapat mengangkat kepercayaan diri masyarakat kelas menengah yang sedang lesu.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Seperti dilansir The Hongkong Post, Selasa 2 April 2024, saat ini, pemotongan gaji dan PHK telah menjadi hal biasa di lingkungan perkantoran di Tiongkok. Perusahaan terpaksa mengurangi jumlah karyawan karena pasar saham yang tertekan dan sektor properti Tiongkok yang tenggelam.

Meskipun segala sesuatunya tampak suram, ada indikasi yang jelas bahwa akan ada hari-hari yang lebih berat yang akan dihadapi kelas menengah di Tiongkok pada tahun 2024.

Didominasi Rumah Tapak, Lippo Karawaci Cetak Pra Penjualan Rp 1,5 Triliun di Q1-2024

Berdasarkan jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan terhadap kelas menengah Tiongkok, sekitar 40 persen di antaranya mengalami penurunan kekayaan setidaknya 10 persen pada tahun 2023. Hal ini menyebabkan terkikisnya kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah sebelumnya, sehingga semakin melemahkan perekonomian Tiongkok.

Ilustrasi warga China

Photo :
  • Pixabay

Ketika keluarga kelas menengah kesulitan mengatur keuangan mereka, mereka terpaksa mengeluarkan anak-anak mereka dari sekolah. Sekolah-sekolah internasional ternama di Tiongkok menghadapi kekurangan siswa karena orang tua kelas menengah yang tadinya mendaftar kini mendapati pendidikan itu mahal.   

Memiliki rumah yang dulunya dianggap sebagai simbol status kelas menengah dan sekaligus tanda stabilitas keuangan kini kehilangan daya tariknya karena nilai properti yang anjlok secara tidak terduga. Kendaraan mewah di Tiongkok telah kehilangan nilainya karena harga bahan bakar yang melonjak tinggi dan tumpukan mobil yang tidak terjual di ruang pamer.

Pasar-pasar besar tidak dapat mengosongkan stok barang-barang mewah mereka karena kelas menengah, yang dulunya makmur, kini mengurangi pengeluaran mereka karena ketidakstabilan keuangan. Semua ini adalah tanda-tanda depresinya kelas menengah di Tiongkok yang diperkirakan berjumlah lebih dari 400 juta orang yang mulai berkurang karena masalah kepercayaan yang besar terhadap kebijakan pemerintah.

Pasar properti Tiongkok berada pada titik terlemahnya dan indeks saham CSI 300 yang menjadi acuan Tiongkok telah kehilangan sekitar sepertiga nilainya sehingga mengakibatkan perekonomian rentan. Hal ini telah melemahkan konsumen kelas menengah, melemahkan investasi sektor swasta, dan tingginya angka pengangguran kaum muda.

Masyarakat Tiongkok membelanjakan lebih sedikit, menabung lebih banyak, dan menghindari investasi berisiko. Berdasarkan data dari bank sentral Tiongkok, tabungan rumah tangga di negara tersebut telah mencapai puncaknya menjadi $19,83 triliun pada bulan Februari tahun ini, yang mencerminkan lemahnya kepercayaan konsumen selama beberapa dekade.

Setiap tahun banyak orang yang keluar dari kategori kelas menengah karena kondisi keuangan yang buruk yang mengakibatkan menyusutnya kelas menengah di Tiongkok. Sebuah laporan media harian di Tiongkok menunjukkan bahwa meskipun dua pertiga dari kelas menengah Tiongkok termasuk dalam kategori pendapatan menengah ke bawah, sebagian besar dari mereka berada di dekat ambang batas karena banyak individu yang keluar dari kategori kelas menengah, yang berdampak negatif terhadap perekonomian negara.

Pekerja china

Photo :
  • www.technologyreview.com

Tingkat pengangguran di Tiongkok tetap rendah yaitu sebesar 5,1 persen pada bulan Desember 2023, mencerminkan meluasnya setengah pengangguran di kelas menengah. Pada tahun 2021, lebih dari 200 juta orang, hampir sepertiga angkatan kerja Tiongkok menikmati pekerjaan yang stabil dan bergaji tinggi.

Namun pada tahun 2023, banyak pekerja kerah putih kehilangan pekerjaan atau menerima pemotongan gaji atau tidak menerima kenaikan gaji. Pada kuartal terakhir tahun 2023, dibandingkan dengan tahun 2022, gaji rata-rata turun menjadi 1,3 persen di kota-kota besar di Tiongkok.

Beijing mempunyai banyak pemikiran yang harus dilakukan untuk meringankan kesengsaraan keluarga kelas menengah dalam jangka panjang. Pergeseran kebijakan besar-besaran, memprioritaskan kesejahteraan warga negara, mendukung pekerja pedesaan dan migran, dan mengurangi perumahan publik adalah beberapa perubahan nyata yang diharapkan oleh kelas menengah dari badan-badan pemerintah.

Selain itu, untuk mengelola pegawai sektor publik dan swasta dengan lebih baik, pemerintah pusat perlu memastikan pencairan gaji tepat waktu untuk meningkatkan konsumsi dan belanja negara.

Terakhir, jika Tiongkok ingin mengangkat kelas menengahnya, Tiongkok harus meningkatkan tingkat lapangan kerja di negara tersebut. Beijing saat ini tidak menciptakan cukup lapangan kerja bagi kelas menengah, yang dapat dilakukan dengan memulai program pelatihan bagi lulusan baru, menerapkan peningkatan keterampilan bagi pekerja lama, dan memotivasi kewirausahaan di kalangan pengangguran.

Peremajaan perekonomian Tiongkok bergantung pada penguatan kelas menengah, yang merupakan tulang punggung mereka. Ini adalah kunci kebangkitan Tiongkok yang akan terjadi ketika kelas menengahnya diberikan kesempatan yang sama dan rasa kesejahteraan bersama.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya