Sembuh, Enam Pasien Covid-19 di RS Pelindo HC Surabaya Diberi Semangat

VIVA – Suasana berbeda nampak terasa di rumah sakit Pelindo Husada Citra atau RS Pelindo HC Surabaya, saat sejumlah perawat dan dokter berbaris rapi di halaman lobby rumah sakit. Hal itu mereka lakukan, untuk memberikan kejutan berupa hadiah dan bingkisan, bagi keenam pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di sana.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Seorang perwakilan keluarga pasien sembuh berusia 73 tahun asal Klaten, Jawa Tengah, menjadi salah satu pihak yang merasakan momen spesial tersebut.

Dia mengaku terharu atas perhatian dan sambutan yang diberikan oleh para tim medis RS Pelindo HC kepada para pasien sembuh, karena momen itu dinilai mampu memberikan semangat tersendiri bagi para pasien yang kini masih dalam masa pemulihan pasca sembuh dari Covid-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Terlebih sejak dirinya dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani masa perawatan dan isolasi selama 22 hari di RS Pelindo HC, dirinya mengaku mendapat penanganan dan perawatan yang sangat baik dari pihak rumah sakit anak perusahaan Pelindo III tersebut. 

"Saya keluarga salah satu pasien yang sembuh mengucapkan banyak terima kasih pada tim medis dalam penanganan yang sangat baik bagi keluarga saya yang positif corona hingga sampai dinyatakan sembuh. Apalagi, ketika akan pulang dari rumah sakit, kami masih di sambut dengan suasana penuh kekeluargaan," kata keluarga pasien tersebut dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa 12 Mei 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: Kepala Bappenas Ungkap Cara Pemda Mainkan Data Kemiskinan untuk Bansos

Direktur Utama RS Pelindo HC Surabaya, Abdul Rofid Fanany menyampaikan upaya maksimal pihaknya dalam menangani dan merawat para pasien Covid-19, yang saat ini tengah dirawat di RS Pelindo HC.

Namun di sisi lain, Rofid memastikan pihaknya akan terus berusaha untuk menghidupkan suasana kekeluargaan antara tim medis dan pasien dalam perawatan, sehingga menumbuhkan semangat positif bagi para pasien itu sendiri.

"Tidak hanya menggunakan peralatan serta pengobatan terbaik bagi para pasien, kami di RS Pelindo HC juga senantiasa menekankan untuk selalu membangun hubungan kekeluargaan, antara tim medis kami dengan para pasien khususnya pasien Covid-19," kata Rofid.

Rofid mengaku, pihaknya sangat berharap jika hal tersebut bisa memberikan semangat positif bagi para pasien lainnya, dalam menjalani perawatan.

Sementara di sisi lain, dengan ditunjuknya RS Pelindo HC Surabaya sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, Rofid memastikan pihaknya juga akan terus berupaya membantu pemerintah dalam hal penanganan pasien Covid-19.

Misalnya dengan menyiapkan ruang isolasi sebanyak 69 kamar, menyediakan pemeriksaan screening/rapid test melalui layanan drive thru, dan menyiapkan tim handal khusus penanganan pasien Covid-19.

"Serta tempat tinggal karantina sementara, untuk para petugas medis dan pasien di sekitar RS Pelindo HC Surabaya," ujar Rofid.

Diketahui, sebagai satu-satunya RS BUMN terbesar di Jawa Timur, RS Pelindo HC juga telah dilengkapi dengan Laboratorium Biomolekuler PCR Covid-19, dengan peralatan terbaik di dunia. Hal ini bahkan telah ditinjau langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, pada Sabtu 9 Mei 2020 kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya