Dua Balita di Solo Positif Covid-19, Diduga Tertular Orang Dekat

VIVA – Dua bocah di Solo yang masih berusia di bawah tiga tahun (batita) dinyatakan positif terpapar virus corona Covid-19. Bocah tersebut merupakan cucu dari seorang pasien positif Covid-19 yang merupakan jemaah masjid di Joyotakan.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan adanya pasien yang positif terpapar virus Covid-19 di Joyotakan menyebabkan sejumlah kontak erat pasien tersebut menjalani rapid test. Dari kontak erat sebanyak 12 orang itu hasil rapid test menunjukkan hasil reaktif sebanyak 8 orang.

"Kemudian dari 8 orang itu menjalani swab test dan hasilnya yang positif ada dua anak yang masing-masing berusia 1 dan 2 tahun. Mereka itu cucu dari pasien positif sebelumnya," kata dia di Solo, Senin, 18 Mei 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Adanya hasil tersebut, dua pasien tambahan yang hasilnya positif Covid-19 itu menjalani perawatan di RSUD Bung Karno. Sedangkan kontak erat dari pasien positif sebelumnya yang hasil swab tes negatif telah diperbolehkan pulang.

"Dari 8 orang yang reaktif itu yang positif hasilnya dua anak-anak itu," sebutnya.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Setelah itu, lanjut Wahyuningsing, pihaknya bakal melakukan tracing kepada sejumlah kontak erat yang berhubungan dengan dua pasien postifi Covid-19 tambahan itu. Sedangkan untuk wilayah di sekitar tempat tinggal keluarga pasien positif Covid-19 itu telah dilakukan isolasi.

"Pemerintah telah melakukan karantina wilayah di Joyotakan kepada 90 KK. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covidd-19," tegasnya.

Sementara itu berdasarkan hasil rekapitulasi kasus ovid-19 di Solo hingga hari ini jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 19 pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya