Warga Mandailing Natal Urus Surat Bebas Corona Malah Diisolasi di RS

VIVA – Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution mengumumkan kasus pertama infeksi virus corona di kabupaten itu pada pada Jumat sore, 6 Juni 2020. Orang yang dinyatakan positif Covid-19 ialah warga asli setempat yang tinggal di Tangerang Selatan, Banten, namun sedang pulang kampung ke Mandailing Natal.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Si pasien disebut berinisial ARL, berusia 55 tahun. Dia terdeteksi terjangkit Covid-19 setelah diperiksa kesehatannya dengan metode rapid test (pemeriksaan secara cepat) di Puskesmas Kotanopan dan hasilnya reaktif. Dia lantas diisolasi di Rumah Sakit Umum Panyabungan Mandailing Natal dan dirujuk ke Rumah Sakit Martha Friska di Medan.

Setelah diperiksa ulang dengan metode yang lebih akurat, yakni swab tenggorokan, hasilnya ARL dinyatakan positif Covid-19. Mau-tak-mau dia harus diisolasi Rumah Sakit Martha Friska.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Dinas Kesehatan setempat, ARL sebenarnya tinggal di Tangerang Selatan. Dia pulang kampung untuk melayat ibunya yang meninggal dunia di Desa Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, pada 19 Mei.

Pada 29 Mei, dia mengurus surat keterangan bebas Covid-19 di puskesmas setempat untuk kembali ke Tangerang Selatan dan karena itu mesti di-rapid test. Ternyata hasil pemeriksaannya reaktif. Dia lantas diperiksa dengan metode swab dan hasilnya diketahui positif terinfeksi pada 5 Juni.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan, sedikitnya ada 27 orang yang melakukan kontak langsung dengan ARL. Mereka sekarang diperintahkan isolasi mandiri di kampungnya. Semua orang yang berkontak langsung dengan si pasien juga telah di-rapid test.

Masih terdapat dua pasien dengan status Orang Tanpa Gejala di Rumah Sakit Umum Panyabungan yang hasil rapid test-nya reaktif. Keduanya merupakan pelaku perjalanan dari Bekasi dan Tanggerang.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mandailing Natal langsung melakukan rapid test terhadap 150 warga yang bersinggungan langsung dengan korban positf Covid-19 itu. Sedikitnya enam orang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test itu sehingga harus segera diperiksa dengan metode swab.

Romulo Siregar/Mandailing Natal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya