Madiun Zona Hijau Pertama di Jatim, Khofifah Ingatkan Jangan Lengah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar rapat koordinasi dengan tiga kepala daerah di Malang Raya pada Sabtu, 20 Mei 2020.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersyukur karena salah satu daerahnya, yakni Kota Madiun, ditetapkan sebagai zona hijau wabah virus corona yang berarti sudah bebas dari kejangkitan Covid-19.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Kota Madiun menjadi daerah pertama dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang berubah statusnya karena berhasil mengontrol penyebaran Covid-19, sebagaimana diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat pada Sabtu, 20 Mei 2020.

"Allhamdulillah, ini pecah telur zona hijau di Jatim. Tentu kita bersyukur bahwa Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang menjadi zona hijau. Semoga segera disusul dengan daerah lain, Jatim menjadi hijau,” kata Khofifah di Malang.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, katanya, tingkat kematian kasus Covid-19 di Kota Madiun nol atau CFR 0 persen. Dengan begitu, Kota Madiun dianggap berhasil mengontrol persebaran Covid-19 pertama di Jatim sehingga menjadi zona hijau.

Pasien positif Covid-19 di Kota Madiun selama tiga bulan terakhir tercatat hanya ada 7 orang. Pemeriksaan melalui rapid test juga telah dilakukan secara masif yang dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM. Tren penambahan jumlah pasien positif Covid-19 dianggap sangat rendah, yakni rata-rata hanya bertambah 1 orang setiap 1-2 minggu.

PKB Bikin Strategi Untuk Kalahkan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur

Menurut Khofifah, salah satu yang membuat Kota Madiun berhasil menjadi zona hijau adalah tracing ratio di Kota Madiun bagus. Setiap satu pasien terkonfirmasi positif rata-rata ditemukan tracing Orang Tanpa Gejala atau /Orang Dalam Pemantauan sebanyak 30 orang. Kemudian langsung isolasi.

Selama masa pandemi, PDP yang meninggal dunia di Kota Madiun tercatat hanya 3 orang dan hasil swab-nya negatif. Kota Madiun sebelumnya juga mendapatkan penghargaan dalam kategori tertinggi Kota Sehat oleh Menteri Kesehatan Terawan dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di akhir tahun 2019. 

“Tapi, meski sudah berstatus sebagai zona hijau, bukan berarti warga Kota Madiun kemudian lengah untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan. Memakai masker, physical distancing, mencuci tangan dengan sabun harus terus dilakukan, sampai pandemi ini benar-benar berakhir,” kata Khofifah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya