Sekitar Bogor Depok Waspada Angin Kencang, Gelombang Laut Juga Tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyampaikan peringatan dini ke beberapa daerah di wilayah Jawa Barat seperti Depok dan Bogor. Sementara perairan laut, masih rawan gelombang yang besar.

Penampakan Rumah di Lombok Utara yang Roboh Akibat Gempa Bumi

Pada Minggu 19 Juli 2020, BMKG memprediksi adanya hujan yang terjadi pada siang hingga malam hari. Selain itu, potensi petir dan angin kencang, juga terjadi di wilayah-wilayah Provinsi Jawa Barat itu.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cirebon, Kabupaten SUmedang, Kabupaten Ciamis, pada siang hingga malam hari," tulis BMKG dalam website resminya, dikutip VIVA, Minggu 19 Juli 2020.

BMKG Ungkap Penyebab Gempa M 5,2 di Selat Lombok

Baca juga: Selamat Dari Punah, Burung Garuda Menetaskan Telurnya

Beberapa daerah juga diperingati, untuk potensi peristiwa alam. Seperti di Bali, diingatkan potensi gelombang tinggi hingga lebih dari dua meter. 

Gempa Lombok, Dirasakan hingga Bali

Di Lampung, juga berpotensi hujan dan petir di beberapa daerah. Begitu juga wilayah lainnya yang ada di Kalimantan, Aceh, Banten, maupun Bangka Belitung. 

"Waspada potensi gelombang laut tinggi hingga mencapai 4,0 meter di perairan Bengkulu dan mencapai 5.0 meter di perairan Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu,".

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Kepala BMKG minta Siagakan Pemantau Sungai dan Banjir Lahar Susulan di Sumbar

BMKG meminta untuk menyiagakan petugas pemantau aliran sungai yang berhubungan dengan Gunung Marapi sebagai langkah antisipasi banjir lahar dan hujan susulan.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024